Cloud Computing, Sistem Jejaring yang Perlu Diketahui

Cloud Computing, Sistem Jejaring yang Perlu Diketahui

Teknologi dan internet setiap tahunnya akan selalu berkembang. Bahkan perkembangannya pun snagatlah cepat sehingga bisa selalu memudahkan setiap aktivitas manusia. Salah satu teknologi yang memiliki banyak manfaat ialah Cloud Computing. Meskipun sampai saat ini masih banyak orang yang jarang mendengar istilah tersebut, tapi sebenarnya Cloud Computing merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan banyak orang.  

Cloud Computing bisa memudahkan interaksi dari komputer satu ke komputer yang lainnya. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan memerlukan bantuan internet saja sehingga biayanya pun tidak akan mahal. Cloud Computing juga memiliki server yang terpusat sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya. Jika Anda memerlukan penjelasan yang lebih dalam mengenai Cloud Computing, simak dahulu rangkumannya berikut ini. 

Apa Itu Cloud Computing?

Setelah dijelaskan sedikit mengenai Cloud Computing di atas, mungkin Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai hal tersebut. Cloud Computing merupakan proses pengolahan daya komputasi yang dilakukan melalui jaringan internet. Jadi bisa berfungsi untuk menjalankan program dari computer yang sudah saling terkoneksi pada waktu yang sama. 

Pada Cloud Computing internet akan menjadi pusat server yang memiliki tugas untuk mengelola data serta aplikasi dari para pengguna. Selain itu, Cloud Computing juga memberikan kemudahan kepada penggunanya karena bisa menjalankan program lebih praktis dan tidak perlu menginstall aplikasi terlebih dahulu. Jadi saat ingin mengakses data atau informasi melalui internet bisa dilakukan lebih mudah dan hanya perlu jaringan internet saja. 

Fungsi Cloud Computing 

Cloud Computing memang bisa memberikan kemudahan untuk mengakses data sehingga teknologi sangat dibutuhkan di perkantoran. Bisnis akan lebih mudah dijalankan saat komputer dari karyawan saling terhubung dan bisa mengakses data dengan mudah dan murah. Selain itu, Cloud Computing juga memiliki media penyimpanan yang efisien dan fleksibel sehingga bisa diakses dari manapun. Beberapa jenis Cloud Computing yang paling sering digunakan dalam perusahaan yaitu Google Drive, IBM, hingga Yahoo. 

Berikut ini akan sedikit dijelaskan apa saja fungsi yang dimiliki oleh Cloud Computing:

1. Data Lebih Aman

Setiap orang pastinya ingin agar data yang dimilikinya bisa disimpan dengan aman. Hal itu bisa dilakukan jika data disimpan dalam Cloud Computing. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Cloud Computing yaitu menjaga agar data selalu aman dan data tidak akan mudah rusak. Jika data disimpan dalam suatu perangkat keras, maka ada kemungkinan alat tersebut mengalami kerusakan. Namun, saat disimpan di Cloud Computing, maka keamanannya akan lebih terjamin. 

2. Penyimpanan Terpusat di Server

Cloud Computing memiliki teknologi untuk menyimpan data dengan terpusat pada satu server. Hal itu tentunya akan memudahkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses data. Menggunakan Cloud Computing maka pengguna tidak akan perlu lagi untuk menyediakan tempat lain untuk media penyimpanan atau data center karena sudah disediakan oleh layanan Cloud Computing yang digunakan. 

3. Tidak Memerlukan Banyak Biaya

Bagi perusahaan tentunya akan sangat memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk berbagai keperluan. Saat Anda ingin menyimpan banyak data dan tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, maka bisa menggunakan Cloud Computing. Misalnya saja, Anda bisa menekan biaya dari pembelian hardisk atau media penyimpanan fisik yang cukup mahal. Bahkan saat hardisk hilang atau rusak, maka harus membeli lagi dan mengeluarkan biaya lagi. Sedangkan saat menggunakan Cloud Computing bisa lebih hemat karena hanya perlu mengeluarkan biaya kompensasi bulanan sesuai dengan layanan paket yang digunakan. 

Cara Kerja Cloud Computing

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Cloud Computing hanya membutuhkan internet. Sistem pada Cloud Computing menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data. Sistem tersebut akan memudahkan pengguna untuk mengakses datanya tanpa harus menginstall suatu aplikasi terlebih dahulu. Setelah pengguna log in dan tersambung maka bisa langsung mengakses data dengan mudah. Perintah yang diberikan oleh pengguna akan langsung terintegrasi dengan sistem Cloud Computing yang terdapat pada komputer. 

Proses menyimpan dan mengunduh data dari Cloud Computing ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan di mana pun. Sehingga saat menggunakan teknologi ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga Anda. Asalkan memiliki jaringan internet, maka Anda bisa mengakses data yang disimpan di Cloud Computing kapanpun dan di manapun.