Bagaimana Cara Mencegah Serangan Malware

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Malware

Dari semua ancaman data di luar sana, serangan malware adalah salah satu yang paling umum digunakan untuk serangan. Ada lebih dari dua juta ancaman malware yang dibuat setiap harinya. Malware sangat menjengkelkan, memakan waktu, dan membuat frustrasi. Ketika kinerja perangkat keras Anda mulai berperilaku tidak biasa, Jika mereka meng-engkripsi file Anda dan belum mencadangkannya atau untuk membajak browser atau sistem operasi Anda. Jadi pertahanan terbaik anda adalah mengalahkan orang-orang jahat di permainan mereka sendiri. Tindakan pencegahan apa yang Anda dapat ambil terhadap malware popular seperti ransomware, phising, dan cryptojacking? Berikut hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Menggunakan perangkat lunak antivirus atau malware yang terpercaya

Ada unduhan perangkat lunak antivirus gratis di web, tetapi apakah Anda ingin mempercayai komputer dan server Anda dengan sembarangan jenis perangkat lunak? Terlebih lagi, banyak program antivirus gratisan adalah program yang diinstal dengan beberapa jenis spyware. Berinvestasi dalam perangkat lunak antivirus berkualitas tinggi adalah harga yang murah untuk dibayar dibandingkan dengan pembajakan atau cryptojacking berbahaya yang dapat terjadi pada perangkat Anda.

  1. Melakukan regular scan dan monitor antivirus

Merupakan ide yang baik untuk mengatur pemindaian otomatis pada antivirus untuk dijalankan setiap hari atau minggu untuk memastikan perangkat lunak melakukan tugasnya dengan baik dan juga tidak lupa memastikan pemindaian berjalan dengan baik serta memastikan bahwa sistem tidak dimatikan pada setiap perangkat yang terpasang.

  1. Selalu melakukan update pada setiap perangkat lunak

Semua penyedia perangkat lunak memiliki pertahanan masing-masing pada setiap serangan di perangkat keras mereka untuk mengatasi kerentanan yang baru ditemukan. Anda perlu tahu bahwa pembaruan ini di rancang untuk mengurangi paparan Anda terhadap eksploitasi.

  1. Selalu gunakan jaringan yang ter-enkripsi

Komputer yang menggunakan wifi publik tanpa perlindungan browser, pertimbangkanlah untuk selalu menggunakan VPN dengan enkripsi yang kuat.

  1. Menggunakan layer security pada jaringan anda

Semua penjelajahan yang aman dan kewaspadaan yang cermat di dunia tidak dapat melindungi anda dari semua ancaman diluar sana. Terkadang anda membutuhkan seorang profesional untuk menjaga mesin Anda agar tetap bersih, dan juga perangkat lunak keamanan yang berlapis untuk menciptakan pertahanan berlapis agar tidak mudah ditembus oleh para hacker. Tidak hanya menggunakan teknologi keamanan tetapi juga dibutuhkan kesadaran individu untuk membantu anda terlindungi dari hacker dan kesalahan diri sendiri.