Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Digital di Era Sekarang?

Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Digital di Era Sekarang?

Meningkatkan keamanan digital di era sekarang sangatlah penting. Dunia semakin berkembang seiring berjalannya waktu, begitu pula dengan teknologi yang terus meningkatkan kecanggihannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini juga, ancaman siber tidak luput dari peningkatan secara berkala. Seluruh teknik peretasan juga semakin dewasa dan lebih membahayakan. 

Bahkan, agensi keamanan nomor satu, Norton Cybersecurity, memprediksikan bahwa ancaman peretasan siber akan terus meningkat dan akan mengeluarkan biaya dunia sebesar 6 trilliun dollar di penghujung tahun 2021 untuk menghadapi tindakan tersebut. Ini akan menjadi jumlah ancaman yang besar terhadap jaringan internet dunia. 

Pihak dari Norton sendiri juga sudah mengeluarkan beberapa jenis serangan siber yang diprediksi akan sering ditemukan di tahun depan. Untuk mengantisipasinya, tentunya kita harus meningkatkan keamanan digital dari sekarang. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan cyber security kita?

Sering Lakukan Update Secara Rutin

Salah satu yang sering diincar hacker dalam mengintai target utama adalah mencari website yang memiliki perangkat usang dan sudah tidak mampu memiliki kapasitas yang sesuai. Dengan demikian, langkah awal yang harus dilakukan adalah memperbarui situs secara rutin. 

Melakukan pengecekan di plug-in di dalamnya dan meningkatkan beberapa jaringan di dalamnya setiap harinya akan mengurangi risiko peretasan secara berkala. Jika sudah dilakukan demikian, maka peretas akan kesulitan untuk mengintai data di dalamnya karena sistem perangkatnya sudah kokoh.

Buatkan Infrastruktur keamanan yang baik 

Infrastruktur website juga menjadi pertimbangan utama dalam meningkatkan keamanan digital untuk era sekarang. Batasi akses di dalam infrastruktur website agar peretas tidak bisa masuk di dalamnya. Hilangkan akses yang tidak perlu atau berpotensi membuat peretas dengan mudah masuk ke dalam situs. Bila memungkinkan, gunakan juga alamat email, login, server dan nama domain yang unik bagi setiap pengguna, kelompok kerja maupun departemen.

Jangan Membalas Pesan Orang Yang Tidak Dikenal

Mengingat kepiawaian para peretas semakin meningkat setiap tahun dengan memanfaatkan berbagai aspek seperti SMS, E-mail, nomor telepon, bahkan yang lainnya. Sebisa mungkin hindari kontak respons dengan orang yang tidak dikenal tersebut. Karena teknik tersebut sering dilakukan para oknum peretas untuk membuka data di dalamnya dengan kode enkripsi dan merekam seluruh perangkat jaringan yang Anda miliki. 

Gunakan Firewall 

Fungsi utama dari firewall adalah untuk mengawasi data yang masuk dan keluar dari seluruh perangkat komputer. Pengawasan ini berguna untuk memastikan data yang masuk dan tersimpan di dalamnya merupakan data yang aman. 

Implementasi Access Control List (ACL) 

Pengimplementasian Access Control List digunakan agar bisa menyortir paket data yang keluar masuk dari jaringan komputer berdasarkan kategori router ACL yang berisi daftar IP, MAC, subnet, atau port yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk melewati jaringan. 

Dengan demikian, meningkatkan keamanan digital dengan tips dan cara di atas diharapkan bisa meminimalisir tingkat risiko peretasan secara berkala setiap tahunnya. Maka diharapkan tips di atas bisa membantu. Bila anda ingin menjaga keamanan dari sekarang, anda bisa percayakan Edge Cyber sebagai jasa proteksi data Anda. Anda bisa hubungi kami di sini!