Ketahui Cara Kerja Bandwidth Berikut

Ketahui Cara Kerja Bandwidth Berikut

Internet merupakan suatu hal yang sudah akrab di telinga banyak orang. Bahkan, saat ini internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Memang dengan adanya internet semua hal bisa dimudahkan. Komunikasi dengan orang yang berada jauh juga dipermudah dengan menggunakan internet. Meskipun internet sudah terasa sangat familiar, tapi istilah bandwidth mungkin masih cukup asing. Padahal bandwidth merupakan unsur penting dari internet. 

Jika Anda cukup tertarik dengan seluk beluk dunia jaringan komputer, mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan istilah bandwidth. Sebenarnya bandwith sangat dekat hubungannya dengan transfer data. Itulah mengapa jaringan internet dan bandwith sangat erat kaitannya. Jika Anda masih belum terlalu mengerti dengan apa itu bandwith, berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. 

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang dihitung dengan menggunakan satuan waktu bit per second atau bps. Jadi bisa disebut bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimal dari jalur transfer data yang dilakukan untuk melakukan pengiriman serta penerimaan data dengan perhitungan detik. Kapasitas dari bandwidth memiliki pengaruh yang besar pada kemampuan akses data internet. Jadi misalnya semakin besar kapasitas bandwidth maka bisa melakukan transmisi data yang juga cukup besar. 

Jika Anda ingin lebih mudah memahami bandwidth, maka bisa mencoba mengibaratkannya sebagai jalan raya dan data yang dikirim dan diterima bandwidth adalah kendaraan yang melewati jalan raya tersebut. Jadi saat data atau kendaraan yang lewat sangat banyak, maka bisa membuat lalu lintas di jalan raya atau bandwidth semakin padat dan tersendat. Namun, saat bandwith memiliki kapasitas yang cukup besar, meskipun data yang melewatinya banyak maka bisa tetap lancar. Itulah mengapa bandwith sangat perlu diperhatikan bagi pengguna jaringan internet. Jika ingin data yang dikirimkan selalu lancar, tentunya bandwidth yang digunakan haruslah memiliki kapasitas yang besar. 

Kenali Fungsi Bandwidth

Setelah mengetahui pengertian dari bandwith, hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah fungsinya. Bandwidth memiliki beragam fungsi penting dalam jaringan internet. Bandwidth sangat mempengaruhi kinerja dalam suatu jaringan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa saja fungsinya seperti berikut ini.

1. Mengontrol Besar Data Saat Ditransfer

Fungsi pertama dari bandwith yaitu mengontrol besar data saat sedang ditransfer. Pengaturan jumlah data tersebut memiliki tujuan agar trafik tidak terlalu tinggi dalam waktu tertentu. Saat administrator mengatur dan melakukan pembatasan besar data yang dapat diakses di internet, maka bisa mengurangi jumlah trafik. Saat trafik sedang tinggi dalam waktu yang lama memang bisa mengganggu stabilitas jaringan.

2. Menjadi Ukuran Media Transfer Data

Fungsi dari bandwidth selanjutnya yaitu sebagai ukuran media dari transfer data pada jaringan tertentu. Pada semua jaringan komputer, bandwidth memiliki fungsi ini yaitu untuk mengukur media pengiriman data. Selain itu, saat Anda ingin membuat distribusi jaringan maka bandwith juga akan sangat berguna. Kapasitas dari bandwidth yang semakin besar, maka bisa membuat jaringan bisa berjalan dengan lebih lancar. 

3. Membatasi Volume Data

Salah satu fungsi dari bandwidth yang satu ini sangatlah penting. Bandwidth memang bisa berfungsi untuk membatasi jumlah data yang sedang ditransfer dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Anda menetapkan volume data sebanyak 5 GB setiap bulannya. Maka jumlah data yang bisa diakses tidak akan melebihi dari 5 GB. Hal itu juga tidak akan berpengaruh pada banyaknya perangkat yang ikut mengaksesnya ataupun dari kecepatan akses data. 

Cara Kerja Bandwidth

Dalam sebuah jaringan, memang keberadaan bandwith sangatlah diperlukan. Cara kerja dari bandwith juga tidak terlalu berbeda dari fungsinya di atas. Jadi saat seorang pengguna sudah terhubung di dalam suatu jaringan, bandwith cara kerjanya akan sesuai dengan fungsinya seperti mengontrol besar data hingga menjadi ukuran dari media yang ditransfer. 

Selain itu, bandwith juga memiliki tugas untuk membatasi volume pada akses yang telah diberikan. Itulah mengapa pengguna harus selalu menghemat penggunaan bandwidth supaya kapasitas data yang bisa diakses bisa semakin banyak. Pasalnya, saat kapasitas bandwidth semakin besar, maka data yang ditransfer juga bisa semakin besar.