Begini Cara Kerja Internet of Things

Begini Cara Kerja Internet of Things

Kecanggihan teknologi memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apalagi sejak ditemukannya internet di tahun 80-an lalu yang membuat banyak sekali perubahan di segala bidang. Kini internet sepertinya telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Misalnya saja smartphone yang menjadi benda yang tidak bisa dipisahkan dari tangan banyak orang. 

Kecanggihan teknologi masih sering membuat banyak orang terkagum. Apalagi kini teknologi bisa meringankan beban karena bisa membuat Anda mengatur peralatan rumah seperti televisi, pemanas air, hingga lampu secara otomatis. Selain itu, jam tangan pintar juga mampu memberikan informasi mengenai detak jantung, hingga bisa memutar musik. Konsep serba otomatis’ tersebut merupakan bagian dari teknologi yang diebut dengan Internet of Things atau IoT

Definisi dan Sejarah Internet of Things 

Internet of Things bisa didefinisikan sebagai perangkat fisik atau hardware yang ada di seluruh dunia yang saling dihubungkan dengan koneksi internet sehingga bisa mengumpulkan dan membagikan data. Internet of Things telah dibekali dengan teknologi sensor seperti nirkabel dan kode QR. Tentunya saat menyebut teknologi QR, Anda sudah tidak asing lagi bukan? Pasalnya teknologi yang satu ini sudah sering digunakan untuk pembayaran tanpa uang atau cashless. 

Internet of Things memang memiliki banyak manfaat yang bisa memudahkan kehidupan manusia. Teknologi yang satu ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak akhir tahun 80-an dan awal 90-an. Sayangnya penelitian untuk pengembangan teknologi ini cukup lambat karena memang belum memadainya infrastruktur saat itu. Namun, dengan perkembangan internet serta teknologi seluluer, kini Internet of Things bisa menjadi lebih berkembang. Dulu awalnya teknologi ini hanya digunakan untuk kebutuhan manufaktur saja. Namun, saat ini pengaplikasian konsep Internet of Things sudah sangat berkembang sehingga bisa digunakan oleh semua orang. 

Cara Kerja Internet of Things

Teknologi Internet of Things memang memiliki banyak sekali kemampuan yang bisa memudahkan kegiatan manusia. Cara kerja IoT juga memerlukan bahasa pemrograman khusus sehingga setiap perintah yang terdapat pada bahasa pemrograman itu akan membuat interaksi pada antar perangkat yang sudah terhubung. Menariknya, interaksi tersebut tidak memerlukan bantuan dari manusia karena semuanya sudah terhubung secara otomatis. 

Salah satu tantangan dari menggunakan cara kerja IoT adalah biaya pengembangannya yang cukup mahal. Selain itu, menyusun jaringan komunikasinya juga cukup sulit karena bahasa pemrogramannya sangat kompleks. Sistem keamanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dari teknologi yang menggunakan Internet of Things, jadi programmer harus bisa membuat program yang sangat aman dan tangguh. 

Apa Saja Unsur dari Internet of Things?

Perangkat yang menggunakan teknologi Internet of Things memang sangat canggih dan serba otomatis. Namun, sebenarnya Internet of Things tidak dapat berdiri sendiri karena ada beberapa unsur di dalamnya. Berikut ini beberapa unsur yang mendukung dari cara kerja IoT. 

1. Kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence

Smartphone atau smartwatch merupakan benda-benda ‘pintar’ yang memiliki banyak sekali manfaat. Kedua benda tersebut menggunakan teknologi Internet of Things yang membuat semua menjadi otomatis. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi kecerdasan buatan. Pengembangan dari teknologi ini mencakup dari pengumpulan data, algoritma hingga jaringan. 

2. Sensor

Sensor juga menjadi unsur paling penting dalam Internet of Things. Bahkan, sensor disebut sebagai pembeda paling utama dari Internet of Things dengan teknologi canggih lainnya. Sensor bisa mendefinisikan instrument sehingga membuat teknologi Internet of Things dari jaringan standard yang pasif di dalam suatu perangkat sehingga menjadi sistem aktif yang mampu diintegrasikan pada kehidupan sehari-hari. 

3. Konektivitas

Internet of Things juga memiliki unsur konektivitas atau jaringan. Menariknya, di Internet of Things selalu bisa untuk membuat atau membuka sebuah jaringan baru serta jaringan untuk khusus IoT. Jaringan tersebut juga tidak terikat dengan sumber utamanya saja dan tidak juga harus mahal dan berskala kecil. Internet of Things dapat memberikan solusi untuk menciptakan jaringan kecil yang digunakan diantara perangkat sistem. 

4. Perangkat Berukuran Kecil

Unsur selanjutnya dari Internet of Things yaitu perangkat yang memiliki ukuran kecil. Memang semakin canggih peralatan teknologi, maka perangkatnya pun memiliki ukuran yang juga semakin kecil. Dalam Internet of Things akan dimanfaatkan perangkat berukuran kecil tersebut sehingga bisa meningkatkan ketepatan, fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih baik.