Cara Melacak IP Address Dengan Mudah

Cara Melacak IP Address Dengan Mudah

Mendengar nama IP address mungkin tidak terlalu asing bagi Anda. Terutama bagi Anda yang bergerak di bidang teknologi komputasi dan digital. Pada dasarnya, IP address ini adalah sekumpulan angka yang ada pada sebuah ponsel dan komputer, di mana angka tersebut terkoneksi dengan internet. Ketahui cara melacak IP address berikut ini

Fungsi dari IP address ini adalah sebagai identitas komputer di dalam koneksi internet. Kemudian, IP address juga berfungsi untuk alamat pengiriman sebuah data dari peranti komputer satu ke lainnya. Namun, akhir-akhir ini kerap kali IP address ini disalahgunakan. Lalu, bagaimana cara melacak IP address yang baik dan benar? Berikut ulasannya.

Secure VPN Services, Bermanfaat tapi Jarang Digunakan Perusahaan

Menemukan IP Address Sendiri

Cara melacak IP address yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan fitur ‘Command Prompt’ bila ingin melihat IP address di peranti yang digunakan. Menggunakan Command Prompt ini juga dikenal sebagai perintah ‘Ping’ yang sederhana dan bisa Anda lakukan dengan mudah pada komputer. Dari situlah nanti komputer Anda akan menerima balasan dan mendapatkan IP address tersebut. Bila Anda menggunakan sistem operasi Windows, maka langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tekan tombol ‘Windows’ pada papan ketik yang ada di laptop atau komputer Anda bersama dengan tombol ‘R’
  • Kemudian saat muncul ‘Run’ Windows’ akan muncul dan ketikkan ‘CMD’ dan pilih fitur tersebut dengan menekan tombol ‘Enter’
  • Pada ‘Command Prompt’ akan muncul beberapa pencarian lalu ketikkan ‘ipconifg/all’ dan tekanlah tombol ‘Enter’ saat Anda memilihnya.

Pada Windows 10 akan muncul beberapa daftar informasi mengenai IP address tersebut. Mulai dari masalah koneksi hingga adapter jaringan seperti IPv4 dan IPv6. Salah satu alamat IP yang muncul biasanya berupa angka misalnya saja contohnya IPv4 123.456.7.89.

Cara melacak IP address dengan menggunakan ‘Command Prompt’ juga bisa dilakukan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi macOS. Langkahnya pun tidaklah sesulit yang dibayangkan. Beberapa hal yang perlu diperlukan dalam mencari IP address melalui macOS adalah sebagai berikut:

  • Sebagai langkah awalnya, Anda bisa menekan tombol ‘CMD’ + Spasi’ lalu akan muncul ketikkan ‘terminal’ dan pilihlah dengan menekan tombol ‘Enter’.
  • Lalu tunggulah beberapa saat pada jendela di layar komputer dan ketikkan ‘ipconfig’.

Setelah Anda melakukan langkah di atas akan muncul baris-baris yang menyebutkan IP address yang ada. Biasanya bagian yang Anda cari berada pada bagian bawah ‘en0’ atau berada di bagian ‘inet’. Bila sistem operasi laptop atau komputermu menggunakan Linux cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol ‘ctrl + alt + T’ setelah tampilan muncul, Anda bisa melanjutkannya dengan mengetikkan ‘hostname –I’ dan tekan tombol ‘Enter’.

Suhu Ideal Ruang Server Direkomendasikan Begini

Melacak rute IP Address yang kamu tuju

Untuk melacak rute IP address ini bisa kamu lakukan dengan cara ‘tracert’ atau ‘traceroute’. Dengan cara seperti ini, kamu bisa menemukan rute IP address. Cara tersebut bisa kamu lakukan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows maupun macOS. Berikut langkah-langkahnya:

Pada Sistem Operasi Windows

Pada umumnya sistem operasi Windows banyak digunakan di berbagai peranti komputer dan laptop. Cara melacak IP address untuk sistem operasi ini sebenarnya hampir sama dengan melacak sendiri seperti diuraikan di atas. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menekan tombol ‘Windows + R’. Pada tampilan run window kamu bisa mengetikkan ‘cmd’ dan tekan tombol ‘Enter’. Pada ‘Command Prompt’ kamu bisa mengetikkan ‘tracert IP address’.

Pada Sistem Operasi macOS

Berikutnya adalah cara melacak IP address bisa pula dilakukan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi macOS. Cara yang bisa kamu lakukan pertama ialah ketik tombol ‘mcd + spasi’. Setelah terdapat tampilan instruksi pada layar komputer atau laptop, kamu bisa mengetikkan ‘terminal’ dan tekan ‘Enter’. Lanjutkanlah pada terminal window dan ketikkan ‘traceoute IP address’.

Ketahui Keamanan Jaringan Lebih Lengkap dan Update Terkini

Melacak IP Address di Email

Menemukan IP address juga bisa dilakukan melalui email. Terlebih lagi bila Anda menerima email yang tidak dipercaya. Otomatis, Anda akan mencari tahu dari mana pesan tersebut berasal. Ini bisa dilakukan dengan melacak IP address-nya melalui Email Header yang bisa Anda temukan pada bagian menu drop-down yang ada di sudut kanan atas email.

Anda pun bisa melanjutkan pada bagian ‘Received: From’. Di sini terdapat dua bagian yang akan muncul, pada Email Header yakni IP address dari server dan meneruskan email tersebut ke laman email Anda.

Selain menggunakan cara melacak IP address yang baik dan benar seperti diuraikan di atas, tentunya Anda masih bisa menggunakan cara lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan tools yang khusus untuk menemukan IP address yang Anda inginkan. Selamat mencoba!