Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini

Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini

Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, modus kejahatan tidak hanya sekadar berada di kehidupan nyata saja, tetapi juga di dunia maya maka diperlukannya cyber security. Untuk definisinya akan diketahui selengkapnya dibawah ini.

Ya, Anda pastinya menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone hingga laptop yang terhubung dengan internet, bukan? Saat ini sudah banyak gangguan keamanan yang mengintai Anda jika Anda melakukan langkah-langkah yang salah di dunia maya.

Apa saja bahaya yang bisa mengintai Anda di dunia maya? Dicurinya data-data yang sudah Anda masukkan di internet, virus yang masuk ke dalam laptop Anda, hingga masuknya bahaya ke dalam email Anda padahal di sana terdapat banyak informasi penting dan berharga untuk Anda. Tentu saja serangan pada dunia maya tidak saja terjadi pada pribadi tapi yang lebih riskan yaitu serangan pada keamanan pada sebuah perusahaan.

Melihat bagaimana bahaya mengintai Anda ataupun sebuah perusahaan, untungnya saat ini sudah ada cyber security. Dari namanya, Anda pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan pengamanan siber. Dengan banyaknya bahaya di dunia maya, akhirnya terbentuklah sistem keamanan yang bisa menghalau bahaya yang sudah dijabarkan di atas.

Apa itu cyber security

Di atas sudah dijelaskan sedikit tentang apa itu cyber security. Sebenarnya penjelasan tentang keamanan modern ini tidak hanya berhenti di sana saja.  Ada definisi yang lebih jelas dan detil di bawah ini:

Definisinya adalah perlindungan sistem yang langsung terhubung ke internet. Namun tidak hanya di dalam jaringan saja, bentuk keamanan ini juga dapat melindungi perangkat keras, perangkat lunak, serta data-data di dalamnya dari serangan cyber. Ya, serangan cyber adalah penyebutan yang paling tepat untuk bahaya di dunia maya saat ini.

Bentuk keamanan internet pada saat ini sangat mutlak digunakan untuk berbagai industri. Setiap perusahaan yang ada pastinya memiliki banyak sekali data-data di dalam sistem mereka. Data-data ini juga merupakan rahasia perusahaan juga. Dengan protokol keamanan jaringan, usaha masuk ke dalam sistem perusahaan bisa dicegah sejak awal. Dengan begitu, usaha perusahaan dalam menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersedian data, bisa tetap terjaga terus. Sampai disini sudah tau bukan apa itu keamanan siber. Untuk mengetahui seluk beluk lainnya baca dibawah ini.

Elemen-elemen di dalamnya

Di dalam keamanan siber sendiri, tidak hanya tersedia satu elemen saja. Walau memang fokus utamanya adalah menjaga keamanan jaringan dan sistem dari serangan yang tidak bertanggung jawab dan membahayakan, ada beberapa elemen yang perlu Anda ketahui:

  • Keamanan aplikasi
  • Keamanan informasi
  • Keamanan jaringan
  • Keamanan operasional
  • Edukasi end-user
  • Perencanaan pemulihan akibat bencana
  • Perencanaan kelangsungan bisnis

Dari poin-poin di atas, terlihat jelas ada berbagai aspek yang difokuskan di dalamnya. Ada keamanan aplikasi yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, termasuk Anda. Dengan begitu, semua informasi dan data yang ada di dalam aplikasi tersebut bisa aman dari serangan.

Kemudian ada keamanan informasi, jaringan, dan operasional yang semuanya saling berkesinambungan. Sistem keamanan ini bisa membuat bisnis yang menggunakan teknologi jaringan hingga perangkat lunak dan keras yang terhubung langsung dengan dunia maya bisa tetap beroperasi secara normal, walaupun bisa saja ada serangan cyber yang menyerang.

Dengan demikian, sistem ini tidak hanya berdefinisi menjaga keamanan jaringan saja, tetapi juga lebih dalam lagi berkat penjabaran di atas.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Cyber Security Consulting Companies Indonesia

Apa saja bahaya dari serangan cyber?

Setelah membahas secara detil elemen-elemen di dalamnya, kini saatnya membahas apa saja bahaya dari serangan cyber. Walau sudah sempat disinggung, ternyata ada beberapa bahaya serangan cyber yang cukup penting untuk Anda ketahui. Mengapa Anda perlu tahu ini? Karena dengan mengetahui apa saja jenis serangan cyber, Anda juga bisa ikut mencegah jika ada hal-hal yang mencurigakan saat Anda menggunakan internet. Berikut beberapa jenis serangan cyber yang perlu Anda ketahui.

  • Malware

Pertama, ada malware. Dari segi nama, mungkin terdengar cukup familiar di telinga Anda. Hal ini terhitung wajar karena salah satu dari serangan malware adalah virus yang bersarang di komputer. Selain itu ada juga spyware, worms, hingga trojan horses. Masing-masing dari bahaya malware ini punya satu tujuan yaitu membahayakan laptop atau komputer Anda. Dengan kondisi ini, salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah memasang antivirus di dalam laptop atau komputer.

  • Ransomware

Kemudian ada ransomware. Ransomware adalah tipe dari malware yang sama-sama menyerang sistem laptop atau komputer Anda. Namun berbeda dengan jenis malware lainnya yang ada di poin sebelumnya, ransomware lebih berbahaya. Mengapa lebih berbahaya? Karena ketika laptop atau komputer Anda sudah terkena ransomware, sistem di dalamnya sudah terkunci. Akhirnya file-file yang ada di dalamnya tidak bisa Anda buka. Untuk bisa membukanya, Anda nantinya akan diminta untuk membayar uang dengan nominal yang sudah ditentukan oleh orang yang memasukkan ransomware. Mengerikan, bukan?

  • Phishing

Ketiga, ada phishing. Untuk phishing sendiri, yang diserang bukan sistem laptop atau komputer Anda, tetapi email dari Anda. Tidak dapat dipungkiri, email adalah sebuah layanan yang selalu Anda gunakan setiap hari, khususnya di dunia pekerjaan. Hal inilah yang diserang oleh phishing. Dengan serangan cyber jenis ini, akan ada email masuk ke dalam inbox yang terlihat dari sumber yang terpercaya, namun sebenarnya itu adalah penipuan. Jika Anda masuk ke dalam jebakan phishing, data-data di dalam email Anda akan diambil, termasuk data dari email yang dikirim ke orang lain. Bahkan data kartu kredit juga bisa dicuri oleh mereka lewat email.

  • Social engineering

Terakhir ada social engineering. Jenis serangan cyber ini lebih berfokus untuk menipu Anda agar mau masuk ke dalam perangkap mereka dalam menembus prosedur keamanan yang ada. Jika Anda sudah masuk ke dalam perangkap mereka, maka data-data yang ada di dalamnya, bisa diambil. Padahal, data-data tersebut harusnya dilindungi.

Manfaat dari sistem keamanan ini

Melihat bagaimana bahaya dari serangan cyber, maka Anda perlu tahu juga manfaat yang pastinya memiliki satu tujuan yaitu menghalau berbagai macam serangan cyber ke dalam aktivitas Anda.

  • Melindungi Anda dari malware, ransomware, phishing, dan, social engineering.
  • Melindungi data dan jaringan yang digunakan
  • Mencegah adanya pengguna yang tidak sah di dalam jaringan Anda
  • Bisa mempercepat perbaikan setelah adanya usaha serangan cyber ke dalam sistem dan jaringan Anda
  • Melindungi para end-user
  • Bisa membuat produk lebih terpercaya untuk Anda dan para pelanggan dari perusahaan

Itulah seluk beluk keamanan siber yang punya peran penting pada masa kini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan Anda satu ilmu baru di dalam dunia teknologi saat ini.

Baca Juga: Memahami Cyber Threat Intelligence and Incident Response Dengan Mudah