Manfaatkan Data Center Security Services pada Masa Sekarang

Manfaatkan Data Center Security Services pada Masa Sekarang

Data center security services adalah sebuah layanan kegiatan fisik dan teknologi virtual yang digunakan untuk melindungi data center dari ancaman dan serangan eksternal. Beberapa institusi banyak yang memindahkan data mereka ke cloud sebagai pusat data mereka.

Alasannya karena bisa mengurangi biaya dalam menjalankan jaringan dan server komputasi terpusat mereka sendiri. Selain itu, data center di cloud jugamemiliki layanan khusus, seperti penyimpanan data, pencadangan dan pemulihan, manajemen data, dan jaringan.

Idealnya, data center harus memiliki pengamanan yang baik secara digital maupun fisik. Pasalnya, data center menyimpan informasi sensitif atau hak kepemilikan, seperti data pelanggan atau kekayaan intelektual. Oleh karena itu, dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus memiliki sebuah data center security services agar tidak hanya penyimpanan data akan tetapi keamanan data institusi tetap terjaga. Berikut kemananan dari data center security services yang perlu diperhatikan.

Mengenal 6 Tahapan Security Incident Response Procedure

Keamanan Fisik Data Center

Keamanan fisik dari bangunan data center dan komponen-komponennya sangat penting bagi Anda untuk menjaga agar data institusi di dalamnya tetap aman. Bangunan data center haruslah dirancang untuk mengatasi semua jenis tantangan fisik, seperti serangan teroris, kecelakaan industri, hingga bencana alam.

Meningkatkan keamanan fisik bisa dilakukan dengan banyak cara. Contohnya melengkapi data center dengan dinding lebih tebal dan tanpa jendela serta pintu yang kuat dan kokoh, meningkatkan pemantauan CCTV agar mengetahui siapapun yang melintasi atau measuki data center, perlindungan terhadap risiko kebakaran, dan berinvestasi dalam penyewaan tim keamanan khusus.

Demi menjaga keamanan data center, perlu dilakukan pembatasan terhadap orang-orang yang akan memasukinya, jadi hanya yang memiliki keperluan di data center. Oleh karena itu, sebuah data center security services melakukan pengawasan pada setiap orang yang memiliki akses dalam data center, seperti petugas kebersihan, karyawan, hingga pengunjung yang datang.

Pembatasan akses pada daerah-daerah tertentu di sekitar data center hingga semua aktivitas juga harus dilacak. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan agar orang yang tidak berwenang tidak dapat sembarangan memasuki/mengakses dan menembus keamanan di data center. Hal serupa juga termasuk pembatasan akses pada data center virtual atau cloud.

5 Jenis Security Tools Services yang sangat berguna jika Dimiliki Organisasi

Keamanan Digital Data Center

Sistem keamanan dari data center pastinya memiliki tujuan untuk menjaga data yang dimiliki oleh suatu institusi tetap terjamin kerahasiaannya. Hal tersebut memerlukan langkah-langkah komprehensif tertentu.

Langkah-langkah tersebut termasuk pencadangan dan pemulihan data lengkap, penggunaan enkripsi data setiap melakukan transaksi, penegakan peraturan privasi data terbaru, dan pemantauan traffic  secara komprehensif.

Lapisan pertama dalam keamanan jaringan adalah mengamankan perimeter yang ada dengan memasang firewall untuk membersihkan traffic tepat pada titik masuk. Hal ini bisa ditindaklanjuti dengan menggunakan model Zero Trust dan melakukan pemeriksaan serta pemantauan traffic internal dalam jaringan.

Selain itu, keamanan jaringan juga dilakukan untuk mendeteksi dan mengurangi segala risiko ancaman agar tidak melewati firewall perimeter. Oleh sebab itu, peningkatan keamanan jaringan yang baik dengan menggunakan data center security services sangat diperlukan dalam hal ini.

Dalam data center virtual, keamanan server menjadi lebih kompleks dan pastinya perlu perhatian khusus juga. Sangat penting untuk Anda mengikuti standar industri agar keamanan server terpasang dengan sempurna agar bisa memantau 24/7, mendeteksi intrusi, dan pencegahan intrusi.

Solusi keamanan yang komprehensif perlu dilakukan untuk melindungi semua lingkungan dan infrastruktur server virtual dan fisik serta semua aplikasi berbasis web yang dimiliki oleh institusi. Semua bisnis memiliki risiko yang sama akan serangan siber, terlepas dari ukuran institusi. Akhir-akhir ini, serangan-serangan tersebut juga semakin agresif dan canggih sehingga penggunaan data center security services sangat diperlukan dalam hal ini.

Keamanan sebuah data center sangat penting. Oleh karena itu, peningkatan keamanan dalam data center menggunakan data center security services sangat diperlukan. Belum lagi, adanya teknologi zaman sekarang yang bisa memberikan efek negatif dalam keamanan data center institusi Anda. Namun, teknologi yang ada ini bisa memberikan serangan balik menghadapi kebocoran data institusi Anda.