Kenali Lebih Jauh tentang Internet of Things

Kenali Lebih Jauh tentang Internet of Things

Teknologi dibuat untuk membantu memudahkan aktivitas manusia. Saat ini teknologi pun semakin canggih dan sudah terdapat banyak peralatan yang bisa melakukan tugasnya dengan otomatis. Bahkan, alat-alat tersebut bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari manusia. Konsep itulah yang menjadi dasar dari pembuat Internet of Things atau yang sering disebut dengan IoT. 

Internet of Things sendiri merupakan konsep dari kemampuan suatu objek untuk transfer suatu data melalui jaringan dan tidak memerlukan interaksi manusia ke manusia atau interaksi dari manusia ke perangkat ke perangkat. Berikut iniĀ  akan dijelaskan mengenai Internet Of Things.

Apa Sebenarnya Internet of Things Itu?

Setelah mengetahui konsep dasar dari Internet of Things di atas, mungkin Anda sudah sedikit paham mengenai teknologi yang satu ini. Namun, jika Anda penasaran mengenai definisi dari Internet of Things, coba lihat dulu keterangannya di bawah ini. 

1. Internet of Things menurut CASAGRAS

Internet of Things atau IoT menurut Casagras (Coordination and Support Action for Global RFID-related Activities and Standardisation) merupakan infrastruktur jaringan global yang bisa menghubungkan perangkat keras dengan virtual. Hal itu dilakukan melalui eksploitasi data capture dengan komunikasi. Di dalam infrastruktur jaringan itu terdapat jaringan serta internet sehingga dari Internet of Things terdapat objek, sensor, dan koneksi yang bisa memberikan layanan dan aplikasi yang mandiri. 

2. Internet of Things menurut ETP EPOSS

Internet of Things atau IoT adalah jaringan yang dibentuk dari benda yang memiliki identitas dan memiliki konsep untuk memiliki fungsi memperluas konektivitas di internet yang terus tersambung. 

3. Internet of Things menurut SAP

Internet of Things atau IoT menurut SAP (Systeme, Anwendungen and Produkte) adalah perangkat keras yang telah diintegrasikan ke dalam jaringan informasi dengan berkesinambungan. Perangkat keras itu sendiri akan bisa berperan aktif di dalam suatu proses bisnis. 

Apa Saja Bidang yang Menerapkan Internet of Things?

Internet of Things memiliki banyak keunggulan sehingga memudahkan manusia untuk menjalankan aktivitasnya. Itulah mengapa sudah terdapat beberapa bidang yang sudah menerapkan konsep dari Internet of Things. Teknologi yang satu ini memang sangat praktis sehingga saat diterapkan di bidang berikut ini maka akan sangat membantu sekali.

1. Lingkungan

Dalam bidang lingkungan, Internet of Things bisa memberikan banyak bantuan. Misalnya saja untuk pencegahan terjadinya bencana atau peringatan dini dari tsunami. Bagi lingkungan, teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk memantau seperti apa kualitas dari air, udara, tanah, hingga kondisi atmosfer. Memantau kondisi lingkungan memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Itulah mengapa teknologi yang sangat praktis seperti Internet of Things ini sangatlah diperlukan. 

2. Energi

Dalam bidang energi rupanya juga bisa memanfaatkan teknologi Internet of Things. Saat ini energi adalah hal yang sangat diperlukan oleh manusia. Pasalnya energi bisa dimanfaatkan untuk menyalakan lampu, televisi, hingga alat listrik lainnya. Kini sudah ada banyak teknologi seperti lampu hingga televisi yang juga sudah terintegrasi dengan jaringan internet yang bisa memudahkan Anda untuk mengaktifkan cara kerjanya. Dengan Internet of Things, maka Anda bisa dnegan mudah untuk menyalakan, mematikan peralatan seperti lampu, alat pemanas air, hingga televisi dengan mudah.

3. Pertanian

Internet of Things juga sangat bisa diandalkan untuk bidang pertanian. Salah satu cara kerja Internet of Things dalam bidang pertanian yaitu dengan mengumpulkan data dari curah hujan, shuhu, kelembaban, komposisi tanah hingga serangan hama. Dari data yang dikumpulkan tersebut nantinya akan memudahkan petani untuk mengerjakan tugasnya. Jadi petani tidak perlu mencari tahu kelembaban tanah dengan langsung terjun ke lahannya karena bisa diketahui dari aplikasi. Selain sangat memudahkan, Internet of Things juga membantu petani untuk memilih pupuk yang tepat untuk kondisi tanah dari lahannya. 

4. Kesehatan

Bidang selanjutnya yang memanfaatkan teknologi dari Internet of Things yaitu dari bidang kesehatan. Bidang kesehatan sangat memerlukan teknologi yang canggih agar bisa memudahkan pekerjaan tenaga medis. Dengan menggunakan Internet of Things, tenaga medis tidak perlu repot-repot untuk menyimpan dan mengirimkan data medis dari pasien secara manual. Pasalnya, dengan menggunakan teknologi ini semua bisa dilakukan dengan otomatis. 

Internet of Things memang bukanlah istilah yang cukup sering didengar oleh orang awam. Namun, cara kerja dari Internet of Things ini sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, apakah Anda juga memiliki gadget atau peralatan yang mengandalkan cara kerja Internet of Things?