KASUS PENCURIAN DATA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MENGHEBOHKAN

KASUS PENCURIAN DATA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MENGHEBOHKAN

Semenjak terjadinya kasus data breaching dan cracking system terhadap salah satu perusahaan e-commerce raksasa di Indonesia dengan jumlah kerugian yang besar, banyak perusahaan mulai melakukan antisipasi besar-besaran demi mencegah terjadinya hal serupa. Hingga saat ini, pelaku peretasan belum diketahui identitasnya. Kasus pencurian data perusahaan di Indonesia memang bukan barang baru di dunia siber Indonesia.

Kasus pencurian data perusahaan memang menjadi isu penting di Indonesia, khususnya perusahaan yang berbasis digital. Umumnya, sang peretas menargetkan data-data yang bersifat konfidensial dengan tujuan ingin menghancurkan bisnis atau menggunakannya untuk kepentingan pribadi. 

Bila bicara kasus pencurian data, sebenarnya sudah banyak kejadian pembobolan yang melibatkan teknik peretasan profesional, bahkan sampai satelit pun bisa dikontrol dalam genggaman para hacker. Apa saja kasusnya? 

BACA JUGA: 5 PENYEBAB TERJADINYA HACKING PADA WEBSITE PERUSAHAAN

PERETASAN SATELIT 

Kasus peretasan ini adalah peretasan paling heboh yang sempat lalu-lalang di ranah pembicaraan para pakar IT. Seorang mahasiswa dari Indonesia yang berkuliah di Jerman meretas data satelit yang berada di luar angkasa. Bahkan dari pengakuannya dengan meretas seluruh data kabin di dalamnya, mahasiswa tersebut bisa mengontrol dan mengarahkan satelit tersebut sesuai keinginan hanya dari ruang komputer di apartemennya di Berlin. 

Dikutip dari DW.com, untungnya hacker ini tidak ingin menggunakan kemampuannya untuk merugikan orang lain karena dia tidak tertarik dan lebih memilih hidup sederhana. Perlu diketahui, hacker muda ini sempat diundang acara seminar para praktisi IT di Krakow sebagai pembicara. 

CYBER WAR 

Kasus peretasan ini juga terjadi di tahun 2013 di mana terjadinya perang hacking yang melibatkan negara luar. Dilansir dari laporan Merdeka, Hal ini disebabkan oleh berita miring yang disebarkan negara luar terkait Indonesia sehingga menyulut api kemarahan para hacker Indonesia

Tidak terima, akhirnya para peretas secara masif membobol seluruh website mancanegara tersebut baik portal berita hingga sampai website Kedutaan Besarnya. Seiring berjalannya waktu, tim hacker tersebut sudah berhasil meretas dengan teknik spoofing terhadap ribuan website negara tersebut. 

PERETASAN SITUS PERUSAHAAN AMERIKA SERIKAT

Kejadian peretasan ini juga menghebohkan warga Sleman, Yogyakarta. Seorang pemuda berumur 21 tahun ini ditangkap oleh Polisi pada Jumat 18 Oktober 2019. Pemuda tersebut membobol website perusahaan asal San Antonio, Texas. Hal ini didasarkan karena kesulitan ekonomi yang sedang ia rasakan pada saat itu.

Laporan dari Kompas menyatakan bahwa teknik peretasan yang dilakukannya adalah jenis ransomware. Sebuah teknik peretasan yang mengenkripsi file dan folder, serta mencegah seseorang kehilangan aksesnya ke file-file penting miliknya.

PERETASAN SITUS LEMBAGA NEGARA

Sudah bukan barang asing lagi di sini untuk kasus hacking. Tidak hanya menyasar ke institusi swasta, target peretasan juga mengarah ke instansi negara. Belakangan ini, terjadi lagi sebuah kasus peretasan yang mengarah kepada lembaga negara pemilihan umum. Berdasarkan laporan Tempo, seluruh data pemilih diretas. Pihak dari lembaga tersebut juga menyatakan bahwa yang diretas adalah berupa soft file tahun 2014

PEMBOBOLAN 44 SITUS MANCANEGARA 

Kasus ini merupakan kasus hacking terbesar di Surabaya sampai Polri harus bekerja sama dengan FBI. Dilansir dari Liputan6, ada tiga tersangka yang melakukan aksi peretasan ini, ketiganya adalah mahasiswa asal Surabaya yang tergabung dalam komunitas hacking. 

Ketiga mahasiswa ini berhasil meretas akun website dengan jumlah 44 akun yang berhasil dibobol, salah satunya yang menjadi korban peretasan ini adalah Lembaga Intelijen Negara asal Los Angeles, Amerika Serikat. 

Kejadian pembobolan tersebut beserta jenis tekniknya seringkali akan menyasar terhadap siapapun. Maka, kami tim Edge Cyber dapat membantu Anda untuk meningkatkan keamanan siber perusahaan Anda dari jenis serangan yang sudah terjadi di atas. Untuk keterangan lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu silahkan hubungi kami