Ketahui Keamanan Jaringan Lebih Lengkap dan Update Terkini

Ketahui Keamanan Jaringan Lebih Lengkap dan Update Terkini

Keamanan jaringan adalah aktivitas mencegah dan melindungi data dan informasi di dalam sistem jaringan. yang biasanya ada dalam sebuah korporasi, dari gangguan yang tidak sah atau bukan bagian dari pengakses info atau data yang sah. Mencakup teknologi, piranti, dan proses untuk mengamankan semua yang ada di dalam sistem jaringan.

Dalam penggunaan internet dan cloud berbasis jaringan, data yang aman dan informasi merupakan hal yang sangat utama. Cloud atau jaringan yang digunakan kencang dan mudah diakses akan tetap sia-sia jika di dalamnya tidak aman.

Cara Melacak IP Address Dengan Mudah

Alasan Pentingnya Keamanan Jaringan

Menciptakan ini melibatkan lima alasan yaitu confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), availability (ketersediaan), authentication (autetintikasi data), nonrepudiation (minim penyangkalan), dan access control (kontrol akses). Confidentiality mengharuskan informasi atau data di dalam sistem hanya bisa diakses oleh beberapa pihak yang mempunyai wewenang. Integrity mengharuskan informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.

Selain itu, availability mengharuskan informasi hanya tersedia untuk pihak berwenang saat dibutuhkan. Authentication mengharuskan pengirim informasi dapat teridentifikasi dengan tepat dan bukan pengguna palsu. Nonrepudiation mengharuskan pengirim dan penerima informasi tidak dapat menyangkal atau menolak pengiriman atau penerimaan informasi. Access control merupakan upaya pengaturan akses dengan menggunakan kombinasi user ID dan password atau mekanisme lainnya yang rumit agar tidak mudah diretas.

Alamat Server VPN dan Pengertian VPN

Jenis Serangan terhadap Keamanan Jaringan

Sebagai sesuatu yang berhubungan dengan keamanan, terdapat beberapa jenis serangan atau gangguan yang mampu menyerang yaitu interruption (gangguan), interception (penangkapan), modification (perubahan), dan fabrication (pemalsuan). Serangan atau gangguan ini dapat membahayakan data atau informasi yang ada di dalam sistem.

Secara detail, interruption merupakan penyerangan sehingga sistem yang aman tidak tersedia lagi atau digunakan oleh pengguna asli atau yang berwenang. Interception merupakan penyadapan data dalam jaringan yang diretas oleh pihak berupa program, sistem, hingga perseorangan. Modification adalah perubahan nilai data atau informasi sehingga tidak berisi hal yang semestinya. Sedangkan fabrication adalah pengiriman pesan atau data palsu ke orang lain untuk tujuan menipu.

Elemen Penting Pada Keamanan Jaringan

Dalam praktiknya, elemen terbentuknya network security terdapat dalam dua elemen utama. Tembok pengaman dalam bentuk fisik atau maya berfungsi sebagai protector atau pelindung. Sedangkan rencana pengamanan merupakan implementasi untuk melindungi dari berbagai risiko peretasan.

Syarat Keamanan Jaringan

Untuk keamanan jaringan yang baik, terdapat tiga syarat dapat dinyatakan aman terlindungi. Terdapat prevention (pencegahan), observation (observasi), dan response (respon). Ketiga syarat ini sangat diperlukan dalam sebuah agar sistem jaringan tetap aman dari gangguan.

Prevention adalah upaya untuk menghentikan akses yang tidak diinginkan dalam sistem jaringan. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih layanan konfigurasi dengan hati-hati. Observation merupakan proses perawatan yang berupa melihat isi log apakah ada aktivitas tidak normal atau tidak. Hal ini bisa dilakukan lewat sistem IDS sebagai bagian dari proses observasi. Sedangkan response adalah tindakan yang diambil ketika adanya peretasan atau penyusupan pada sistem jaringan.

Hal Dasar yang Harus Ada di Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan haruslah terdiri dari hal-hal mendasar untuk yang aman dan baik. Kemanan jaringan haruslah memiliki protection (proteksi), detection (deteksi), dan reaction (reaksi). Protection merupakan konfigurasi sitem jaringan yang harus akurat. Detection adalah pengidentifikasian kapan perubahan konfigurasi harus dilakukan dan pemantauan lalu lintas jaringan yang menunjukkan atau tidak ada masalah. Sedangkan reaction adalah pengidentifikasian masalah dengan cepat tanggap dan mengembalikannya dalam kondisi aman seperti semula.

Dalam memperkuat keamanan jaringan, terdapat beberapa jenis teknik dan tipe yang harus Anda kenali dan ketahui. Dengan mengetahui jenis dan tipe ini, Anda bisa memilih dan mengusai yang paling tepat dan aman bagi sistem jaringan yang Anda lindungi.

Terdapat access control (kontrol akses), anti-malware, application security (keamanan aplikasi), behavioral analytics (analisis perilaku), data loss prevention (pencegahan kehilangan data), email security (keamanan email), Firewall, intrusion detection and prevention (deteksi dan pencegahan intrusi), mobile device and wireless security (perangkat seluler dan keamanan nirkabel), network segmentation (segmentasi jaringan), security information and event management (informasi keamanan dan manajemen kejadian – SIEM), VPN, dan web security (keamanan web).

Segala hal dan detail tentang metode keamanan jaringan haruslah dipelajari dengan baik karena metode ini memiliki peran penting. Salah satu profesi yang wajib mempelajari metode ini adalah administrator. Tugas dan peran administrator keamanan jaringan bisa Anda simak dalam detail berikut ini.

Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini

Tugas Penting Administrator Keamanan Jaringan dalam Keamanan Jaringan

Dalam menjaga keamanan jaringan, terdapat satu peran penting yang wajib ada dalam pengamanan sistem jaringan ini yaitu administrator keamanan jaringan. Administrator jaringan adalah individu atau kelompok yang mengelola dan menjaga seluruh elemen yang ada pada dan di dalam sistem jaringan agar lebih efektif dan efisien bekerja. Pastinya, tugas administrator jaringan juga memegang peran penting dalam kuatnya keamanan jaringan.

Network Security administrator atau administrator kemanan jaringan haruslah memiliki skill dan kemampuan umum yaitu pengetahuan dasar dan teknikal mengenai teori dan praktik komputer, pengetahuan akan berbagai perangkat keras jaringan komputer termasuk cara kerja, memasang, dan konfigurasi alat, dan memiliki pemahaman tentang routing atau konfigurasi sistem yang termasuk tentang sistem keamanan komputer beserta jaringannya. Semua skill tadi juga haruslah dikemas dengan etika profesional yang baik.

Tugas penting administrator kemanan jaringan adalah berkutat dengan network, hardware, dan application. Secara spesifik, tugas administrator keamanan jaringan adalah berurusan dengan security management yang berurusan dengan keamanan jaringan. Untuk bisa mencapai security management yang baik, seorang administrator keamanan jaringan harus menguasai firewall (sistem pengizin lalu linta jaringan), user access (informasi log in beserta password control), dan resource access (pembatasan penggunaan sistem jaringan dengan memberikan hak akses ke beberapa orang saja).

Penggunaan keamanan jaringan membutuhkan pengaturan dalam tingkat fisik maupun non fisik. Pengaturan ini melibatkan proses pengontrolan. Proses pengontrolan keamanan jaringan yang harus dipahami oleh administrator jaringan adalah melibatkan controlling corporate strategic (pengendalian strategis perusahaan yang berupa asset), controlling complexity (pengendalian kemajemukan sistem), improving service (peningkatkan layanan penggunaan), balancing various needs (penyeimbangan berbagai kebutuhan), reducing downtime (pengurangan terjadinya penghentian), dan controlling costs (pengendalian biaya yang dikeluarkan).

Itulah semua detail mengenai keamanan jaringan yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui segala detail tentang keamanan jaringan, Anda bisa melindungi sistem jaringan atau cloud yang Anda gunakan dengan lebih aman dan lebih baik. Semoga membantu!