Keamanan User Jarak Jauh

Keamanan User Jarak Jauh

Organisasi harus mempertimbangkan konsekuensi pekerja dari jarak jauh atau akses dari mana saja dalam hal akses sistem dan akses ke infrastruktur TI internal. Pada dasarnya bahwa ketika pekerja Anda mengakses data atau database Anda dari jarak jauh, maka risiko terhadap data itu bertambah. Jika sampai dokumen rahasia bocor di komputer pekerja, bagaimana cara menjaga agar data Perusahaan tetap aman, berikut beberapa tips untuk menjaga keamanan pekerja anda dari jarak jauh:

  1. Menyediakan Pengetahuan Keamanan Dasar

Setiap pekerja dari rumah atau dari jarak jauh harus diberikan pengetahuan tentang bahayanya phishing email, menghindari penggunaan wifi publik untuk pekerjaan, jika memang terpaksa sebaiknya menggunakan VPN.

  1. Memproteksi Perangkat Kantor Dengan Anti Virus/Malware

Dengan adanya anti malware akan mengurangi risiko pada setiap staff anda dari serangan malware yang dapat menularkan ke jaringan internal Anda

  1. Memonitor Setiap Kegiatan Pekerja

Sangat dibutuhkan suatu program yang dapat memonitor kegiatan setiap staff yang dilakukan saat mereka mengakses ke jaringan internal atau data yang akan dikirim kepada siapa. Program ini di desain untuk memonitor dan mencegah jika ada staff yang melakukan kecurangan seperti membocorkan file rahasia perusahaan.

  1. Memastikan Perangkat Lunak yang Selalu Uptodate

 Selalu update perangkat lunak pada setiap perangkat perusahaan versi terbaru yang didukung oleh kebijakan keamanan perusahaan, contoh mengaktifkan pembaruan otomatis pada semua perangkat yang akan terkoneksi ke kantor.

  1. Hindari Penggunaan USB

Jangan menggunakan USB atau mematikan fungsi penggunaan USB pada perangkat perusahaan sebagai kebijakan keamanan Perusahaan. Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk bekerja dari jarak jauh pada perusahaan Anda, setiap perusahaan membutuhkan memonitor data yang keluar atau masuk pada setiap staff mereka. Bila ada yang ingin anda ketahui lebih jauh mengenai salah satu solusi di atas, jangan ragu untuk menghubungi kami.