Keuntungan Menerapkan Clean Desk Policy Bagi Perusahaan

Keuntungan Menerapkan Clean Desk Policy Bagi Perusahaan

Clean Desk Policy (CDP) adalah suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam menentukan bagaimana karyawan harus meninggalkan ruang kerja mereka setelah jam kerja selesai. Kebijakan tersebut menginstruksikan semua karyawan untuk membersihkan meja mereka masing-masing setiap akhir jam kerja. Kebersihan yang dimaksud tidak hanya mencakup dokumen dan catatan-catan saja, tetapi juga, kartu nama, dan juga media penghubung seperti USB. Memiliki Clean Desk Policy dapat membantu perusahaan dalam mengurangi risiko pencurian informasi, penipuan, atau pelanggaran keamanan yang disebabkan oleh informasi sensitive yang dibiarkan terlihat jelas tanpa pengawasan.

Clean Desk Policy (CDP) haruslah dibuat secara tertulis dengan arahan dan instruksi yang jelas untuk apa yang seharusnya dilakukan oleh setiap karyawan. Adalah lebih baik jika Clean Desk Policy tersebut dapat dibuat berupa kontrak yang ditandatangani, yang isinya menguraikan apa yang diharapkan dari karyawan, apa yang diharapkan oleh atasan, dan siapa yang bertanggungjawab dalam memantau keberhasilan kebijakan tersebut, bagaimana pengawasan akan dilakukan dan konsekuensi apa yang diberikan jika tidak patuh pada kebijakan tersebut.

Manfaat yang didapat bila menjalankan CDP:

  • Hemat waktu dan Uang

CDP akan mendorong karyawan untuk menggunakan versi digital dokumen, secara signifikan mengurangi biaya kertas, toner tinta, dan pemeliharaan printer perusahaan Anda.

  • Membuat Kesan yang Baik

Ruang kerja yang bersih dan rapi membuat perusahaan Anda terlihat efisien dan rapi bagi siapa saja yang memutuskan untuk berkunjung, termasuk auditor.

  • Memudahkan untuk ISO Compliance

CDP tidak hanya memenuhi persyaratan ISO 27001/17799, tetapi juga mematuhi prinsip-prinsip privasi dasar.

  • Informasi Sensitif Tetap Terlindungi

Catatan karyawan biasanya meninggalkan informasi sensitif di meja mereka. Post-it note yang berisi nama, nomor telepon, dan bahkan nama pengguna dan kata sandi yang terlihat jelas merupakan salah satu penyebab terburuk. Kebiasaan ini mendorong karyawan yang tidak jujur, petugas kebersihan, dan staf pemeliharaan untuk melihat informasi yang tidak boleh mereka akses.

  • Mengurangi Stres

Tempat untuk segalanya dan segala sesuatu ditempatnya. Ketika seorang karyawan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi pada pekerjaan daripada merasa stress karena tidak dapat menemukan laporan yang akan jatuh tempo dalam 10 menit ke depan.

Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan adalah dengan menerapkan CDP secara rutin dan berkelanjutan. Dengan rutin menerapkan kebiasaan CDP, karyawan berperan aktif dalam kebijakan terkait keamanan informasi di lingkungan perusahaan. Jika Anda kesulitkan untuk menerapkan CDP yang baik untuk Perusahaan Anda, EDGE-CYBER siap membantu Anda.