Malware Cryptomining

Malware Cryptomining

Malware cryptomining merupakan jenis malware yang relatif baru. Malware ini berupa program perangkat lunak yang dibuat khusus untuk menghabiskan resource komputer target untuk menambang mata uang crypto tanpa ijin sama sekali dari pemilik komputer. Malware ini membantu pembuatnya untuk mendapatkan uang crypto. Sebuah malware cryptomining dapat menghasilkan sedikitnya USD30.000 per bulan bagi pemilik malware tersebut.

Perusahaan ad blocking AdGuard mendata ada sekitar 500 juta pengguna komputer di dunia yang menjadi korban malware cryptomining tanpa mereka sadari. Para korban tersebut terinfeksi melalui perangkat lunak malware yang secara tidak sengaja dijalankan melalui email atau karena mengunjungi sebuah website yang menjalankan perangkat lunak cryptomining di latar belakang tanpa sepengetahuan korban.

Malware cryptomining tidak hanya dapat berjalan dan menginfeksi komputer desktop dan laptop tapi juga dapat menginfeksi telepon genggam berbasis Android. Biasanya telepon genggam yang telah terinveksi akan menjadi panas dan dapat pula merusak fisik telepon tersebut.

Selain dengan penyebaran malware cryptomining, para penjahat siber juga menebar jebakannya melalui website yang dapat memaksa internet browser untuk menjadi cryptominer. Sebenarnya kejahatan cryptomining melalui website ini sudah ada sejak tahun 2011, namun baru menarik perhatian setelah akhir-akhir ini aktivitasnya makin meluas dengan populernya jasa penambangan uang crypto seperti Coinhive.

Aktifitas malware seperti ini sangat sulit dideteksi oleh antivirus biasa karena mereka dapat dengan mudah merubah indentitas dirinya. Hanya dengan melakukan monitoring terhadap aktivitas pengguna yang dapat mendeteksi keberadaan serangan ini. Bila tiba-tiba komputer, laptop atau server mengalami lonjakan aktifitas, bukan hal yang tidak mungkin bahwa anda sudah terserang malware ini. Jangan ragu untuk menghubungi kami tatkala anda merasa bahwa anda sudah menjadi korban malware atau bila anda tidak ingin bisnis anda terganggu dengan serangan malware seperti ini. Kami akan dengan senang hati membantu anda mengatasinya.