Memahami Cyber Threat Intelligence and Incident Response Dengan Mudah

Memahami Cyber Threat Intelligence and Incident Response Dengan Mudah

Keamanan, sebuah kata yang ingin dimiliki oleh setiap perusahaan. Perusahaan mana yang tidak ingin mendapatkan keamanan khususnya keamanan di dunia maya karena akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Persoalan keamanan memang tidak bisa dianggap sebagai satu hal yang remeh. Namun ketika terjadi serangan perlu penanganan yang tepat. Cari tahu apa itu cyber threat intelligence and incident response.

Saat ini bisa dilihat bagaimana setiap gedung memiliki tim keamanannya sendiri, bahkan setiap negara juga memiliki pasukan keamanan. Dari sana, sudah terlihat bagaimana keamanan sangat penting untuk dimiliki.

Ada berbagai cara agar bisa terhindar dari bahaya yang mengintai, mulai dari tidak berhubungan langsung dengan orang asing yang mencurigakan, hingga berusaha terhindar dari hal-hal yang terbukti bisa membahayakan diri Anda sendiri.

Memang keamanan di dunia nyata sangatlah penting untuk bisa dirasakan setiap hari.  Begitu juga keamanan pada dunia maya. Serangan cyber yang bisa terjadi kapanpun dan tanpa diketahui akibat yang akan ditimbulkan, tentu terlalu riskan jika terjadi pada sebuah perusahaan,

Tidak dapat dipungkiri, keamanan dunia maya yang terdiri dari jaringan serta sistem merupakan satu poin penting untuk dipenuhi. Mengapa demikian? Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi bisa membawa dampak sangat positif di dalam industri dan kehidupan Anda, tapi ada juga dampak negatif dari sana.

Ya, serangan cyber menjadi hal yang lumrah saat ini. Dengan menggunakan teknologi yang ada, para pihak yang tidak bertanggung jawab bisa masuk ke dalam sistem milik Anda, lalu melancarkan beberapa serangan agar data hingga hal-hal penting di dalamnya bisa dicuri oleh mereka. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi di dalam kehidupan Anda, bukan?

Akhirnya, munculah cyber security sebagai bentuk perlawanan dari bahaya cyber yang mengintai. Dari sana, juga tercipta tim yang bisa mencegah, sekaligus memperbaiki ketika ada serangan cyber yang sudah terlanjur masuk ke dalam sistem. Itulah yang disebut dengan Cyber Threat Intelligence and Incident Response.

Khusus untuk tim cyber security, mereka memang harus memberikan respon yang cepat dan tanggap jika ada indikasi serangan cyber ke dalam sistem perusahaan. Ya, perlu digarisbawahi bahwa tim keamanan yang ada di sini merupakan tim yang terdiri dari beberapa orang dengan pengetahuan melimpah tentang cyber security. Tim ini memang sengaja dibentuk untuk mencegah, sekaligus memperbaiki keamanan jaringan jika terdapat masalah keamanan yang melanda.

Namun untuk mendapatkan respon yang cepat dan tanggap di dalam menghadapi masalah cyber security, mau tidak mau, perlu ada perbaikan penerapan teknik keamanan yang dijalankan. Saat ini, terdapat sistem bernama Threat Intelligence yang bisa membuat tim cyber security lebih baik lagi di dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Perlunya Network Consultan Dalam Membangun Keamanan Jaringan Perusahaan

Keuntungan dari Threat Intelligence and Incident Response

Walaupun sebuah tim cyber security memang pastinya sudah memiliki pengalaman serta dasar-dasar keamanan sistem dan jaringan, tetap saja yang namanya bahaya cyber merupakan bahaya yang terus berkembang.

Di bawah ini, ada beberapa keunggulan Threat Intelligence yang sangatlah penting untuk pekerjaan menjaga keamanan jaringan serta sistem dari bahaya cyber yang mengintai setiap harinya.

  • Mampu melakukan identifikasi dan menolak bahaya yang berusaha memanipulasi data serta permintaan yang tidak relevan secara otomatis
  • Dapat meningkatkan keamanan secara berkala dari bahaya yang muncul dari web umum hingga dark web
  • Dapat melakukan kompilasi data serta informasi internal maupun eksternal untuk diidentifikasi dan dianalisa terhadap ancaman-ancaman yang ada di dalamnya.
  • Dapat memilah metode ancaman yang ada sesuai dengan kebutuhan perusahaan, infrastruktur yang digunakan, hingga detil khusus yang diinginkan oleh tim cyber security.

Dari empat poin di atas, terlihat jelas bagaimana Threat Intelligence akan membawa dampak positif bagi kinerja tim cyber security  di dalam sebuah perusahaan. Tim dapat melihat langsung bahaya yang sedang berusaha masuk ke dalam sistem secara otomatis. Disamping itu, ada juga upgrade keamanan yang dilakukan secara langsung jika terdapat bahaya. Kemudian dilanjutkan dengan melihat data secara menyeluruh dari serangan yang ada. Terakhir, adanya pemilahan data ancaman cyber untuk bisa dilihat secara langsung oleh tim.

Melihat bagaimana sistem otomatis yang terdapat di dalam Threat Intelligence di dalam mencegah, mengumpulkan, dan mengidentifikasi bahaya cyber, Threat Intelligence sudah jelas mampu membuat tim cyber security lebih cepat di dalam memberikan respon atas serangan yang ada.

Tim cyber security dituntut untuk bertindak cepat dalam memberikan respon terhadap semua ancaman yang ada. Siapa yang tidak mau dengan cepat untuk menghalau ancaman? Memang itulah kerja dari tim yang dikhususkan menjaga keamanan, apalagi keamanan di dalam jaringan serta sistem. Jika tim tidak bekerja secara cepat, maka data-data rahasia yang ada di dalam jaringan serta sistem bisa dibobol dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Masalah yang lebih besar sudah pasti datang. Oleh karena itu, Threat Intelligence harus diterapkan saat ini juga.

Nilai-nilai penting dari Threat Intelligence

Cyber Threat Intelligence and Incident Response memang menjadi sebuah satu kesatuan yang penting di dalam urusan cyber security. Keduanya saling bahu membahu dan bekerja sama dalam memberikan keamanan cyber di manapun ditempatkan.

Di dalam Threat Intelligence sendiri, ada nilai-nilai penting yang diterapkan. Empat nilai ini memang penting untuk diketahui karena menjadi pondasi dari penerapan Threat Intelligence untuk tim cyber security sendiri. Berikut empat nilai penting tersebut.

Komprehensif

Nilai pertama di dalam Threat Intelligence adalah komprehensif. Dengan sistem ini, tim bisa mendapatkan solusi yang berisi bahaya cyber dari lokasi, sumber yang dipakai, sisi teknik yang digunakan, hingga dark web. Tidak hanya itu saja, tim juga tidak dibebaskan bekerja secara sporadis saja. Mereka harus menggunakan cara-cara yang sudah ditentukan dari awal agar bisa tetap tertata rapi.

Relevan

Solusi yang didapatkan oleh tim harus bisa diidentifikasi secara cepat. Penggunaan Security Information and Event Management (SIEM) dan Endpoint Detection and Response (EDR) membantu tim dalam mengidentifikasi sumber masalah dengan cepat.

Kontekstual

Kontekstual yang dimaksud di sini adalah melihat bagaimana hasil identifikasi yang didapatkan, mana yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki, dan mana yang akan dikerjakan kemudian karena tidak mengakibatkan kerusakan yang mengganggu bisnis. Konteks yang dilihat dari hasil identifikasi bisa mencapai satu kesimpulan yaitu melihat pola serangan cyber yang sedang terjadi. Dari sana akan muncul kesimpulan untuk mencegah bahaya yang paling penting pada masa mendatang.

Pentingnya Integrasi

Nilai terakhir yang ada di Threat Intelligence adalah pentingnya integrasi. Sistem Threat Intelligence dan tim cyber security yang ada memang harus bekerja sama dengan baik. Hasil yang didapatkan Threat Intelligence harus direspon secara cepat oleh tim. Jangan sampai hasil yang telah didapatkan malah tidak direspon dengan baik oleh tim. Jika begitu, tidak ada gunanya penggunaan Threat Intelligence.

Demikian pengenalan terhadap Cyber Threat Intelligence and Incident Response. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini