Apa Itu Network Consultant? Apa Pentingnya Membangun Keamanan Jaringan Perusahaan?

Apa Itu Network Consultant? Apa Pentingnya Membangun Keamanan Jaringan Perusahaan?

Konsultan network atau network consultant sebenarnya sudah bisa ditebak dari segi definisi apa tugasnya tugasnya. Maka ia harus mampu memberikan masukan dalam membangun sebuah sistem serta jaringan bisa berjalan semestinya pada saat diperlukan. Selain itu Ia juga yang membangun sistem tersebut. Belum lagi pengecekan berkala yang harus dilakukannya.  Sebelum mengetahui lebih dalam tentang  ini, sebaiknya baca dulu latar belakang perlunya jasa pekerjaan ini.

Perkembangan zaman yang sudah terjadi pada saat ini membawa angin segar di dalam berbagai faktor. Sebut saja inovasi dalam dunia teknologi, hingga dunia bisnis, semuanya saling berkesinambungan untuk mencapai satu tujuan yang sama: menciptakan bisnis yang sehat dan aman.

Berbicara mengenai inovasi di dunia teknologi dan bisnis, hal ini cukup penting untuk ditonjolkan pada masa kini. Alasannya adalah seiring berjalannya waktu, semua orang ingin mendapatkan inovasi yang memudahkan mereka. Dan inovasi ini juga harus bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Semakin mudah, semakin menarik.

Hal itu juga terjadi di dunia bisnis saat ini. Saling bekerja sama dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan teknologi di dalam sistem hingga jaringan yang berguna untuk kinerja bisnis mereka. Teknologi yang digunakan pun bukan sembarangan. Dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi, teknologi ini menjadi sebuah inti dari bisnis mereka. Jika tidak ada teknologi seperti sekarang ini, mungkin bisnis para perusahaan di luar sana tidak akan berkembang dengan pesat.

Sistem dan jaringan yang ada di dalam setiap perusahaan biasanya digunakan untuk melayani dari produk mereka sendiri. Sistem ini berguna juga untuk menyimpan berbagai data yang berisikan informasi penting serta rahasia. Biasanya informasi di dalamnya termasuk milik dari para konsumen juga. Tentunya perlu dijaga kerahasiaannya agar tidak terjadi masalah pada kemudian hari.

Namun di dalam membangun sistem dan jaringan tersebut, para perusahaan tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. Mengapa demikian? Tentu saja jawabannya karena rumit. Walaupun inovasi teknologi pada saat ini bisa memberikan kemudahan, sayangnya tidak untuk membangung sistem dan jaringan. Harus ada orang-orang terlatih yang membangun, menjalankan, serta memonitor hal tersebut. Orang-orang terlatih itu pada saat ini disebut sebagai konsultan network.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Cyber Security Consulting Companies

Definisi konsultan network

Untuk definisi teoristik konsultan network, profesi ini harus diisi oleh profesional yang memiliki pengalaman sekaligus pendidikan formal di dalam menjalankan fungsionalitas dan kinerja jaringan. Tidak hanya itu saja, mereka juga harus bertanggung jawab dalam merancang, mengatur, dan memelihara jaringan milik perusahaan.

Konsultan network biasanya tidak direkrut khusus oleh satu perusahaan biasa saja, tetapi mereka berada di sebuah perusahaan konsultan cyber security. Dari sanalah para perusahaan alias klien menggunakan jasa konsultan network untuk membangun jaringan yang ada.

Biasanya pada awal pertemuan dengan klien, konsultan network akan memberikan saran serta masukan tentang bagaimana membangun jaringan yang memiliki kinerja optimal sekaligus aman. Karena tidak dapat dipungkiri, jaringan yang dibangun pun harus aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab di luar sana.

Apalagi kemajuan teknologi ini memang tidak hanya membawa dampak positif saja, tetapi juga dampak negatif. Serangan cyber bisa didapatkan jaringan perusahaan klien Anda. Tentu saja dengan bahaya yang mengintai, para konsultan harus bisa membangun jaringan computer network yang aman dan kuat.

Daftar tugas konsultan network

Sekarang saatnya membahas daftar tugas dari konsultan network yang sebenarnya tidak hanya satu. Memang penjelasan di atas baru membahas satu sisi pekerjaan konsultan network. Terkesan hanya membangun, mengatur, dan memelihara jaringan, sebenarnya ada penjelasan rinci tentang pekerjaan konsultan network, seperti:

  • Mengelola masalah teknikal untuk klien
  • Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah infrastruktur di kantor klien
  • Memelihara dokumentasi infrastruktur TI klien
  • Menganalisis dan mengoordinasikan dokumentasi jaringan dengan pihak klien, khususnya account manager
  • Memberikan ide dan menerapkan teknologi baru yang ada agar bisa meningkatkan kualitas produktivitas jaringan klien

Dari daftar tugas konsultan network di atas, terlihat jelas bagaimana konsultan harus terus memelihara jaringan milik klien dari awal hingga akhir. Prosesnya pun harus terus dilakukan setiap hari agar tidak ada masalah berarti.

Menyambung ke masalah keamanan jaringan yang sempat dibahas di atas, konsultan network memang harus terus mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya dari hal-hal positif yang berguna di dalam membangun jaringan yang baik saja, tetapi juga bagaimana ia tahu kalau ada bahaya-bahaya cyber jenis baru yang bisa mengincar jaringan. Hal itulah yang membuat konsultan network harus diisi oleh orang profesional yang sudah tahu seluk beluk dan sisi teoritis dari urusan ini serta paham cara beroperasi dari sistem komputer atau computer system itu sendiri.

Jenis jaringan yang bisa dikerjakan oleh konsultan network

Dengan dasar pendidikan serta pengetahuan yang dimiliki konsultan network, profesi ini akhirnya bisa mengurus berbagai jenis jaringan yang saat ini ada di dunia teknologi. Jaringan-jaringan ini juga tentunya terus berkembang sepanjang waktu, jadi konsultan network harus selalu update dengan inovasi di dalam masing-masing jaringan. Berikut beberapa jenis jaringan yang bisa dikerjakan oleh para konsultan:

  • Wide Area Network (WAN)
  • Wireless Local Area Network (WLAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Global Area Network (GAN)
  • Storage/System/Server/Small Area Network (SAN)
  • Campus/Controller/Cluster Area Network (CAN)
  • Personal Area Network (PAN)
  • Desk Area Network (DAN)
  • Voice Over Internet Protocol Network (VoIP)

Dari daftar jenis jaringan di atas, sudah terlihat jelas bagaimana sulitnya pekerjaan ini. Dengan demikian, para perusahaan yang menyewa jasa konsultan network tidak perlu takut terhadap sistem jaringan mereka karena pada akhirnya, konsultan network adalah orang-orang yang tepat untuk pekerjaan ini.

Kemampuan yang harus dikuasai konsultan network

Seorang konsultan network tidak hanya harus memiliki kemampuan di dalam mengurus dan mengatur jaringan saja, tetapi mereka juga harus ada kemampuan lainnya seperti:

  • Troubleshoot nature

Konsultan network harus bisa menemukan dan memperbaiki masalah yang ada di sistem tertentu, server jaringan, dan komputer yang berbeda-beda. Jadinya, seorang konsultan network bisa mengurus masalah skala kecil dan skala besar dengan baik, tanpa terkecuali.

  • Analytical expertise

Konsultan network juga harus memiliki pemikiran yang kritis juga untuk bisa melakukan analisis data. Karakter yang kritis dan teliti dalam melakukan analisis memang wajib ada di dalam diri seorang konsultan network. Dengan tertanamnya nilai serta kemampuan ini, konsultan network bisa bekerja dengan baik dan menemukan masalah secepatnya, begitu juga dengan pencarian jalan keluar.

Dari penjelasan di atas, terlihat jelas kalau konsultan network sangat diperlukan di dalam membangun keamanan jaringan dari para perusahaan, termasuk milik Anda juga. Jangan ragu-ragu untuk memakai jasa konsultan network jika ada masalah jaringan, atau Anda sedang ingin membangun jaringan yang tepat untuk perusahaan Anda. Bantuan konsultan network pastinya sangat membantu karena profesi ini sudah terhitung memiliki kualitas dan kemampuan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bila anda ingin mendapatkan konsultan terbaik untuk keamanan, bisa percayakan kami sebagai jasa proteksi data Edge Cyber!

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini