PENTINGNYA INVESTASI KEAMANAN SIBER PADA PERUSAHAAN LOGISTIK

PENTINGNYA INVESTASI KEAMANAN SIBER PADA PERUSAHAAN LOGISTIK

Sejak jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia semakin meningkat, pemerintah telah menerapkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah untuk meminimalisir dampak penularan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran sejumlah pihak pada kelancaran logistik nasional, sehingga menjadi tantangan bagi perusahaan logistik dalam melakukan pengiriman. Perusahaan logistik berusaha untuk tetap berada di depan dengan teknologi industri terbaru, namun sering mengabaikan satu aspek penting yang menjadi bagian penting dari industri tersebut, yaitu keamanan siber.

Konsekuensi dari serangan siber dalam perusahaan logistik bisa sangat menghancurkan. Pencurian data dan informasi data berakibat fatal karena dapat memutus rantai pasokan logistik dan berakhir dengan kehilangan uang. Perusahaan logistik harus mempertimbangkan untuk mengalihkan fokus kepada keamanan data untuk menyediakan solusi transportasi logistik teraman bagi pelanggan.

Untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap ancaman siber, perusahaan logistik perlu mengambil langkah dalam mengembangkan manajemen risiko berkualitas tinggi dan beberapa pengukuran yang harus dilakukan.

  1. Karyawan/Pekerja

Sebagian besar karyawan mungkin tidak terlalu memikirkan bagaimana mereka dapat membahayakan keamanan siber perusahaan. Para karyawan harus memiliki pelatihan reguler tentang potensi gangguan keamanan siber. Jika mereka terlatih, mereka dapat mengidentifikasi apa ancaman itu, dan mereka akan tahu bagaimana mereka dapat merespons upaya peretasan melalui email dan telepon. Jika perusahaan mendidik semua pengguna di sistem perusahaan untuk tidak membuka lampiran yang mencurigakan dari pengguna yang tidak dikenal, menghapus email yang mencurigakan, menjawab email dan panggilan telepon yang tidak pasti, memasukkan memory stick USB yang belum diuji, perusahaan sedang menciptakan garis pertahanan pertama.

  1. Perangkat Lunak dan Firewall

Perusahaan-perusahaan logistik harus melakukan digitalisasi operasional mereka untuk mengotomatiskan proses yang melibatkan banyak data, agar tetap fleksibel dan dapat memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat. Perangkat lunak yang digunakan haruslah teruji dan terkini dengan sistem keamanan yang kuat dan juga Firewall yang bertujuan untuk melindungi, membatasi bahkan menolak suatu kegiatan/segmen pada jaringan internal dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Seperti workstation, server, router, atau local area network (LAN).

  1. Backup Data

Apa yang akan terjadi pada perusahaan logistik jika kehilangan akses ke informasi bisnis perusahaan selama sehari? Bagaimana jika ransomware menyerang dan menghapus semua data perusahaan? Saat menyimpan data, pastikan untuk tidak menyimpannya di satu tempat. Karena jika tidak, perusahaan akan berisiko kehilangan segalanya apabila tempat itu rusak atau diretas. Saat ini, malware dapat menonaktifkan kegiatan kerja perusahaan dengan merusak data penting dan menghapus semua informasi, sebelum hal itu terjadi, perusahaan harus berhati-hati dan melindungi bisnisnya dengan membuat backup data. Backup data adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

  1. Investasi pada Keamanan Siber

Perusahaan logistik adalah salah satu sektor yang rentan terhadap serangan siber. Dengan memiliki tim keamanan siber yang ahli di bidangnya, akan mengurangi risiko serangan siber pada perusahaan. Tim keamanan siber dapat  memeriksa sistem secara teratur, dan jika ada risiko dapat segera diambil tindakan. Tim keamanan siber juga berfungsi untuk mengidentifikasi area dimana bisnis perusahaan rentan terhadap serangan siber, setiap kali intrusi terjadi, maka tim keamanan siber akan memanfaatkan keahliannya untuk mengurangi kerusakan pada sistem. Tim keamanan siber juga dapat membuat rekomendasi yang akan membantu menjaga bisnis perusahaan aman. Investasi keamanan siber adalah investasi terbaik yang akan membuat bisnis anda sesuai jalur, daripada harus membayar kerugian karena masalah pencurian/pelanggaran data di kemudian hari.

Era internet dan teknologi telah membawa banyak manfaat dengan sendirinya tetapi bersama dengan beberapa risiko itulah sebabnya investasi keamanan sangat penting. Serangan siber telah menjadi ancaman umum dan utama terhadap bisnis. Untuk itulah EDGE hadir untuk menjawab keraguan yang selama ini menjadi masalah dalam investasi keamanan siber. Investasi pada keamanan siber lebih memberikan jaminan keamanan bagi perusahaan dan keamanan bagi konsumen, sehingga menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak. Info dan diskusi lebih lanjut dapat menghubungi kami.