Pentingnya Secure Backup Service pada Jaringan Komputer secara Berkala

Pentingnya Secure Backup Service pada Jaringan Komputer secara Berkala

Secure Backup Service sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan data pada sebuah perusahaan atau bisnis. Dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan, sudah tentu kehadiran komputer sangat dibutuhkan. Di komputer inilah banyak data dan dokumen disimpan. Bahkan dalam skala besar, satu perusahaan memiliki banyak komputer untuk menunjang aktivitas hariannya. Satu komputer dengan yang lain saling terhubung dalam suatu jaringan.

Backup dibutuhkan untuk menjamin kelancaran dalam penggunaan data. Tidak hanya pada komputer, sistem backup sendiri perlu dilakukan untuk semua perangkat yang memiliki ruang penyimpanan. Tujuannya sama, yaitu mengamankan data jika terjadi sesuatu yang buruk. Jika data-data hilang, banyak pekerjaan yang akan ikut terganggu. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh saat Anda rutin melakukan backup.

Dengan melakukan backup, Anda telah menyelamatkan data yang Anda miliki. Bukan hanya membuat salinan data dan menyimpannya ke tempat lain, tapi juga mengembalikan data-data itu ke ruang penyimpanan dengan data yang hilang. Ini akan membuatmu tidak perlu pusing saat terjadi situasi emergency, seperti kebakaran, banjir, dan bencana alam lainnya.

Backup pada Jaringan

Backup pada jaringan yang luas membutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan. Melakukan backup pada jaringan itu artinya Anda sedang menyelamatkan data di banyak komputer yang saling terhubung. Backup pada jaringan dikenal dengan istilah backup link. Berikut aspek yang perlu Anda ketahui tentang backup link.

1. Koneksi jaringan LAN

LAN adalah singkatan dari Local Area Network. Jaringan ini biasa digunakan pada perkantoran yang memiliki banyak komputer saling terhubung. Melakukan backup pada sistem LAN tidak semudah yang dibayangkan, karena harus menyediakan jaringan untuk setiap komputer. Koneksi antar komputer menjadi sangat penting karena keterhubungan satu dengan yang lain. Siapkan kabel cadangan yang bisa digunakan untuk menjaga koneksi antar komputer jika terjadi sesuatu yang buruk. Jika semuanya terpenuhi, mulailah lakukan backup data.

2. Koneksi WAN

WAN adalah kepanjangan dari Wide Area Network, atau jaringan dengan jangkauan luas. Cakupan WAN sangat luas, berbeda dengan LAN yang hanya di lingkungan perkantoran. WAN bisa digunakan untuk satu wilayah kota, atau bahkan provinsi. Dengan begitu, koneksi yang dihasilkan sangat bergantung pada faktor cuaca di wilayah yang bersangkutan.

WAN merupakan jaringan yang sambungannya sering terdampak cuaca buruk dan bencana alam, serta fenomena-fenomena alam yang menyebabkan gangguan kestabilan sinyal, misalnya sun outage. Untuk melakukan backup link pada jaringan WAN, aspek penting yang menjadi tumpuan adalah koneksi fisik, bukan pada sebuah protocol.  

WAN adalah jaringan yang koneksinya paling sering terkena gangguan. Penyebabnya adalah oleh faktor alam seperti cuaca, bencana alam sampai fenomena alam seperti sun outage dan juga oleh kesalahan manusia. Pada WAN, acuan untuk mempersiapkan koneksi cadangan. Backup yang dilakukan untuk jaringan atau sambungan WAN pada umumnya menggunakan medium tanpa kabel, karena jangkauannya yang sangat luas. Kabel hanya bisa digunakan untuk melakukan backup link pada jaringan LAN.

Fakta di lapangan, sejumlah perusahaan atau pelaku bisnis memiliki jaringan WAN tidak hanya satu. Ini untuk menjamin lancarnya proses backup link serta antisipasi terhadap kemungkinan terburuk yang memberi dampak pada jaringan. Dengan menyediakan lebih dari satu jaringan WAN, ketersediaan link untuk backup menjadi terpenuhi.

4. Koneksi internet

Berbeda dengan LAN dan WAN, koneksi internet berjalan dengan jalur yang mandiri. Untuk melakukan backup link, yang hanya diperlukan adalah menggunakan lebih dari satu layanan internet. Tentu saja, Internet Service Provider (ISP)-nya juga harus berbeda. Sangat riskan jika Anda hanya memiliki satu sambungan internet dari satu ISP. Jika koneksi terganggu, aktivitas Anda yang mengandalkan internet akan terganggu.

Memiliki dua sambungan internet dengan ISP yang tidak sama berarti Anda memiliki dua jalur koneksi yang berbeda. Ini akan memudahkan Anda saat salah satu ISP mengalami trouble. Manfaat lain dari memiliki lebih dari satu ISP adalah bisa dipakai secara bersamaan. Anda bisa mengamati koneksi yang mana yang lebih cepat, dan menggunakannya untuk beraktivitas. Simple, bukan?

Koneksi internet sangat penting untuk menjalankan rutinitas di era teknologi. Dalam memilih ISP, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah teknologi yang dimiliki sebuah ISP. Ini penting, karena berpengaruh pada speed koneksi internet. ISP yang memiliki jaringan 5G sudah pasti lebih kencang daripada yang masih berada di teknologi 3G. Pastikan Anda mengetahui frekuensi ISP masing-masing sebelum membeli dan menggunakannya.

Pastikan Data Anda benar-benar Terjaga

Setelah mengetahui cara melakukan backup pada jaringan komputer, Anda tidak berhenti sampai di situ. Pastikan data-data penting pada jaringan komputer benar-benar aman dan terlindungi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Selalu Update Antivirus

Data-data penting di sebuah komputer bisa hilang karena virus yang bisa muncul dari sambungan internet. Lakukan update antivirus secara berkala sehingga virus-virus di komputer hilang. Akhir-akhir ini, beberapa antivirus juga telah dilengkapi perlindungan khusus dengan mengidentifikasi file-file dengan ekstensi mencurigakan sebagai virus. Ini sangat baik untuk perlindungan data Anda.

2. Perhatikan Database Security

Akses yang tidak dikontrol dengan baik bisa menyebabkan hilang atau rusaknya dokumen dan data. Pastikan tidak semua orang memiliki akses untuk membuka database yang berisi banyak data-data penting. Semakin banyak orang yang memiliki akses, semakin besar pula risiko keamanan data yang Anda miliki.

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dilakukan, kini saatnya Anda yang menentukan pola yang cocok untuk mem-back up pada jaringan komputer secara berkala. Anda bisa berkonsultasi pada Edge-cyber, penyedia layanan keamanan cyber dan konsultan jaringan. Jangan biarkan data-data penting Anda hilang begitu saja!