Secure VPN Services, Bermanfaat tapi Jarang Digunakan Perusahaan

Secure VPN Services, Bermanfaat tapi Jarang Digunakan Perusahaan

Pada zaman sekarang yang serba maju, banyak sekali risiko yang bisa Anda dapatkan saat menjelajah internet. Secure VPN Services atau yang bisa dibilang jasa penyedia VPN yang aman adalah solusi untuk pengamanan data anda. Terutama bagi mereka yang menggunakan internet untuk transfer data, atau sebagai sarana komunikasi dengan rekan bisnis.

Apa itu Secure VPN Services?

Banyak sekali instansi menggunakan alamat IP (Internet Protocol) tanpa didukung jaringan yang aman. Padahal, jaringan yang aman sangat diperlukan terutama untuk bisnis yang berkaitan dengan teknologi agar rahasia perusahaan tetap terjaga. Dengan teknologi VPN (Virtual Private Network), salah satu cara untuk mengakses LAN (Local Area Network) pada jangkauan tertentu. Koneksi virtual antara satu jaringan dengan jaringan lain ini dilakukan dengan adanya koneksi yang terenkripsi.

Suhu Ideal Ruang Server Direkomendasikan Begini

Ibaratnya, jika Anda mengakses suatu situs menggunakan jaringan tanpa VPN, jaringan Anda akan mengakses situs tersebut menggunakan alamat IP anda langsung menuju situs tersebut . Sedangkan, dengan VPN, jaringan Anda akan melewati VPN server terlebih dahulu untuk menuju situs tersebut sehingga jaringan Anda akan lebih aman karena yang akan terdeteksi adalah IP VPN server, jadi anda bisa menyembunyikan IP asli anda.

Enkripsi Data

Menggunakan VPN yang aman bisa membuat data Anda terlindungi karena segala data yang Anda terima maupun Anda kirimkan akan terenkripsi. Penerima data tidak akan bisa melihat riwayat data yang Anda kirimkan. Selain itu, aktivitas internet Anda dapat tersembunyi dari provider internet Anda.

Bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi cloud seperti Dropbox, Google Drive, iCloud atau penyimpanan data secara online, tentu hal ini amat bermanfaat. Anda tidak perlu susah-susah membuat hardware atau sistem proteksi sendiri selama semua orang yang memiliki akses terhadap data tersebut menggunakan VPN untuk mengakses file tersebut.

Ini Dia 4 Tipe Keamanan Jaringan Wireless yang Mesti Diketahui

Proteksi dari Jaringan Publik

Katakanlah Anda sedang di Starbucks dan menggunakan jaringan wifi di tempat itu untuk mengakses file online Anda. Hal tersebut akan sangat berisiko tanpa menggunakannya karena data Anda bisa saja diakses oleh siapapun yang juga sedang menggunakan jaringan wifi yang sama.

Dalam istilah IT, hal ini disebut Man in the Middle (MitM) yaitu sebutan bagi hacker yang menyamar sebagai jaringan wifi di suatu tempat publik. Anda bisa saja terhubung ke jaringan hacker tersebut alih-alih terhubung ke jaringan wifi publik yang sebenarnya. Dengan menggunakan VPN yang aman, data Anda tidak akan terganggu meskipun Anda terhubung dengan wifi palsu milik hacker secara tidak sengaja.

Menjelajah Internet Secara Anonim

Setiap kali Anda mengunduh suatu folder atau file dari internet, unduhan tersebut akan meninggalkan jejak digital yang bisa dideteksi oleh siapa saja. Jejak tersebut bahkan akan tetap ada meskipun Anda telah menjual perangkat elektronik Anda. Bisa saja file-file perusahaan yang Anda unduh terdeteksi dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, menggunakan VPN yang aman bisa membuat Anda mengakses internet tanpa meninggalkan jejak. Selain itu, lokasi, alamat IP serta identitas Anda juga ikut tersembunyi. Otomatis segala macam aktivitas anda di internet akan lebih aman baik saat ini maupun di kemudian hari.

Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini

Jelajah Internet Aman Menggunakan Proxy

Jaringan VPN yang aman memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet menggunakan proxy. Proxy disini bertindak sebagai perantara komputer Anda dengan internet sehingga komputer Anda tidak serta merta terhubung ke internet. Dengan menggunakan VPN, maka alamat IP anda akan terlindungi dari internet karena Anda menggunakan IP dari proxy tersebut.

Selain itu, beberapa website memiliki metode yang aneh dan beragam dalam mendeteksi pengunjungnya seperti zombie cookies atau browser fingerprinting. VPN memungkinkan Anda untuk memasang beberapa fitur tambahan di browser Anda seperti script blockers, anti-tracking tools dan advanced cookie manager. Anda bisa menjelajah internet lebih aman tanpa takut data Anda disadap oleh situs website yang Anda kunjungi.

Akses Remote dan Jaringan Gabungan

Beberapa VPN service memungkinkan pengguna untuk mengkombinasikan beberapa koneksi internet yang tersedia untuk digunakan secara bersamaan. Dengan fitur ini, maka pengguna dapat menjelajah internet lebih cepat dan mudah. Selain itu, jaringan Anda juga bisa lebih stabil. Akan tetapi, biasanya Anda harus membayar lebih banyak untuk fitur ini.

Dengan menggunakan VPN, segala macam informasi dapat diakses dengan mudah meskipun konten tersebut tidak bisa diakses dari suatu lokasi. Hal ini akan lebih efektif bagi karyawan perusahaan multinasional dengan lokasi yang berbeda-beda. Karyawan bisa mengakses data dan situs kapan saja dan dimana saja tanpa harus berada di lokasi tertentu.

Harga yang Terjangkau

Manfaat terakhir namun penting bagi perusahaan maupun bisnis perorangan adalah harga jasa VPN yang terjangkau. Terdapat banyak sekali pilihan VPN di luar sana dengan pilihan fitur yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Secure VPN services atau jasa VPN yang aman sangatlah penting bagi berbagai macam bentuk bisnis Anda, apalagi bagi perusahaan berskala besar. Dengan menggunakan VPN, Anda bisa menyimpan data di internet dengan aman dengan risiko yang minim. Jadi, sudahkah Anda menggunakan VPN untuk bisnis Anda?