5 Jenis Security Tools Services yang sangat berguna jika Dimiliki Organisasi

5 Jenis Security Tools Services yang sangat berguna jika Dimiliki Organisasi

Setiap perusahaan selalu membutuhkan security tools services yang digunakan untuk menghadapi ancaman dan ketidakpastian yang membahayakan data penting. Dalam beberapa tahun terakhir, para ahli terus melakukan eksperimen dan meluncurkan berbagai produk keamanan. Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi perusahaan dalam melawan kejahatan cyber.

Umumnya, tools ini dirancang untuk melakukan berbagai fungsi mulai dari perlindungan jaringan hingga keamanan cloud dan kontrol identitas dan akses. Berikut beberapa security tools services yang akan sangat berguna jika dimiliki suatu organisasi

Network Access Control (NAC)

Network access control (NAC) adalah security tools services yang memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan kebijakan keamanan pada perangkat dan pengguna yang mencoba mengakses ke jaringan internal mereka. Ini merupakan salah satu perlindungan cyber untuk membantu oraganisasi untuk mengidentifikas siapa dan dari mana mereka mencoba masuk kedalam jaringan mereka. NAC juga memastikan bahwa perangkat yang digunakan dalam suatu organisasi dalam keadaan update untuk melakukan tambalan keamanan yang diperlukan, antivirus, dan kontrol lainnya sebelum pengguna masuk ke sistem. 

Mengetahui Apa Itu Cyber Security yang Punya Peran Penting Pada Masa Kini

Firewalls

Firewalls merupakan security tools services penting yang mampu melindungi jaringan dari pencurian data penting perusahaan, dari malware, unauthorized login, dan beragam ancaman lainnya. Alat keamanan ini mampu memblokir IP range dan URL untuk melindungi data dari pelanggaran keamanan. Jika saja ada alamat IP atau URL dengan bad reputation yang mencoba masuk ke jaringan data Anda,  firewalls mampu memblokir hal tersebut. 

Untuk advanced firewall, sudah dipersenjatai dengan dapat melakukan pengecekan mendalam, penyaringan aplikasi, pencegahan jaringan, dan deteksi detruksi. Dengan begitu, Anda telah menerapkan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data dan jaringan perusahaan. 

Endpoint protection 

Berbeda dengan dua security tools services yang sudah disebutkan di atas, di mana keduanya berfungsi untuk melindungi jaringan. Endpoint protection adalah perlindungan yang diterapkan pada laptop, desktop, dan perangkat endpoint lainnya. Endpoint protection ini bisa menangkal virus, aktivitas tak dikenal yang bertujuan jahat, worm, dan malware. Berbagai antivirus akan digabungkan dengan anti-malware dan firewall untuk mengamankan jaringan perusahaan.

Data Loss Protection (DLP)

Data loss protection (DLP) adalah tools yang akan memberikan pemberitahuan dan peringatan jika ada pengiriman data rahasia keluar tanpa persetujuan. DLP ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk melindungi proses transfer data rahasia. Karena data akan dienkripsi sebelum pengirim melakukan pengirimana data ke penerima.

DLP memonitor lalu lintas jaringan untuk data yang cocok dengan karakteristik atau pola spesifik yang terkait dengan pengiriman data rahasia, seperti informasi kartu kredit dan nomor jaminan sosial. Perangkat ini akan mendeteksi ancaman, mengidentifikasinya, dan memberikan peringatan kepada karyawan sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah ancaman tersebut. 

Intrusion Prevention Systems

Terakhir yang akan Anda butuhkan untuk melindungi data perusahaan adalah intrusion prevention systems (IPS). IPS adalah teknologi canggih yang digunakan di balik firewall untuk memeriksa arus lalu lintas dan melaporkan langsung jika ancaman terdeteksi. IPS juga menjalankan sistem IDS yang digunakan untuk memindai jaringan dan melakukan tindakan terhadap potensi ancaman. Dengan adanya IPS dan IDS, ancaman serangan cyber yang membahayakan suatu organisasi bisa dicegah. Dan dilakukan tindakan pengamanan.

Memahami Cyber Threat Intelligence and Incident Response Dengan Mudah

Security tools services yang telah disebutkan di atas tadi adalah rekomendasi keamanan yang menjamin data Anda dari berbagai kejahatan cyber. Jaringan anda akan lebih aman jika Anda menggunakan tools atas untuk semakin menjamin data dengan perlindungan berlapis. Jika Anda rasa perlu berkonsultasi dan memasang perangkat keamanan ini, bisa menghubungi Edge Cyber