Mengenal Seluk Beluk Cyber Security Consulting Companies

Mengenal Seluk Beluk Cyber Security Consulting Companies

Anda pastinya menyadari berbagai macam jenis bisnis yang lumrah seperti penjualan produk dan jasa. Namun di luar sana, sebenarnya ada beberapa jenis bisnis yang terasa asing di telinga masyarakat luas dikarenakan fungsi dari pekerjaan yang berbeda dibandingkan yang lain.

Bisnis yang dimaksud adalah cyber security consulting companies. salah satu contoh perusahaan cyber security di Indonesia adalah Edge Cyber.

Cyber security consulting companies merupakan perusahaan konsultan cyber security yang bisa memberikan solusi atas ancaman keamanan cyber. Keamanan cyber merupakan kebutuhan dari setiap perusahaan yang terkoneksi ke internet. Mengapa demikian? Ini karena banyak perusahaan yang menyimpan data-data penting seperti rahasia milik perusahaan dan milik para pelanggan yang tersimpan.

Data-data tersebut pun selalu terhubung dengan jaringan atau sistem yang bisa diakses dari jarak jauh melalui internet. Dengan kondisi ini, para konsumen dapat dengan mudah melihat data-data milik mereka sendiri yang sudah terdaftar.

Sayangnya, dari kemudahan yang diberikan ada dampak negative yaitu karena siapapun bisa mengakses siapapun bisa melihat milik merekan sendiri bahkan milik orang lain. tidak semua orang menjadikan perkembangan teknologi yang ada sebagai alat untuk menyebarkan hal-hal positif. Mereka malah mencari cara bagaimana mengubah teknologi menjadi alat untuk mencari keuntungan sendiri lewat jalur ilegal.

Ya, serangan cyber yang bisa menyerang sistem atau jaringan milik para perusahaan bisa terjadi kapan saja. Mereka melancarkan serangan cyber dengan cara-cara yang canggih untuk mendapatkan data-data yang dimiliki perusahaan. Jika mereka berhasil, data-data tersebut bisa mereka pakai untuk melakukan kejahatan lainnya. Tentu saja itu adalah mimpi buruk bagi perusahaan yang terkena serangan cyber.

Untungnya, kehadiran cyber security consulting companies bisa menghalau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan layanan yang mereka hadirkan, perusahaan bisa terhindari serangan cyber, sekaligus bisa memperbaiki sistem atau jaringan jika terkena serangan tersebut.

Sebelum itu, di bawah ini ada beberapa serangan cyber yang mengganggu kinerja Anda dan perusahaan. Apa saja serangan cyber yang dimaksud?

Malware

Serangan pertama adalah malware. Dari segi nama, mungkin terdengar cukup familiar di telinga Anda. Hal ini terhitung wajar karena salah satu dari serangan malware adalah virus yang bersarang di komputer. Selain itu ada juga spyware, worms, hingga trojan horses. Masing-masing dari bahaya malware ini punya satu tujuan yaitu membahayakan laptop atau komputer Anda. Dengan kondisi ini, salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah memasang antivirus di dalam laptop atau komputer.

Ransomware

Kemudian ada ransomware. Ransomware adalah tipe dari malware yang sama-sama menyerang sistem laptop atau komputer Anda. Namun berbeda dengan jenis malware lainnya yang ada di poin sebelumnya, ransomware lebih berbahaya. Mengapa lebih berbahaya? Karena ketika laptop atau komputer Anda sudah terjangkit ransomware, sistem di dalamnya sudah terkunci. Akhirnya file-file yang ada di dalamnya terenkripsi dan tidak bisa Anda gunakan. Untuk bisa mengenkripsi, Anda nantinya akan diminta untuk membayar uang dengan nominal yang sudah ditentukan oleh orang yang memasukkan ransomware dan ini juga belum tentu file anda kembali normal. Mengerikan, bukan?

Phishing

Ketiga, ada phishing. Untuk phishing sendiri, yang diserang tidak secara langsung sistem laptop atau komputer Anda, melainkan email pribadi atau email suatu perusahaan dan tidak dipungkiri bisa saja isi email tersebut terdapat malware yang akan menginfeksi ke sistem laptop atau komputer anda. Tidak dapat dipungkiri, email adalah sebuah layanan yang selalu Kita gunakan setiap hari, khususnya di dunia pekerjaan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh phishing. Strategi serangan cyber jenis ini, akan ada email masuk ke dalam inbox yang terlihat dari sumber yang terpercaya, namun sebenarnya isi konten tersebut berbahaya dan itu adalah penipuan agar kita tertarik untuk mengunggah atau mengklik konten tersebut. Jika Anda masuk ke dalam jebakan phishing, data-data di dalam laptop atau komputer Anda akan dengan mudah diambil.

Social engineering

Terakhir ada social engineering. Jenis serangan cyber ini lebih berfokus untuk memanipulasi psikologis Kita agar dapat mendapatkan infromasi/hak akses untuk menembus prosedur keamanan yang ada secara halus tanpa kita menyadarinya. Jika Anda sudah masuk ke dalam perangkap, maka data-data yang ada di dalamnya, bisa diambil. Padahal, data-data tersebut harusnya dilindungi.

Baca Juga: Perlunya Network Consultan Dalam Membangun Keamanan Jaringan Perusahaan

Tantangan di dalam cyber security consulting companies

Berada di industri ini sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi mengingat ini berhubungan dengan data-data yang harus dijaga 24 jam penuh.

SDM yang kurang

Tantangan pertama adalah kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Ini bukanlah hal yang aneh, karena cyber security bukan sebuah industri yang banyak diketahui dan kurangnya perhatian terhadap cyber security oleh banyak orang. Hal ini membuat sedikitnya orang-orang yang memiliki kemampuan dalam industri ini.

Mentaati regulasi pada pemerintah

Dengan melindungi data-data penting sekaligus rahasia, cyber security consulting companies tetap harus mentaati peraturan regulasi yang berlaku. Karena setiap perusahaan dan negara memeliki kebijakan yang berbeda.

Tools yang kurang memadai & ancaman lainnya

Tantangan ketiga adalah tools yang banyak yang belum tentu setiap individu cyber security menguasainya. Praktik cyber security tentunya perlu menggunakan berbagai macam tools untuk melakukan berbagai pertahan dari serangan seperti diatas. Sayangnya, tools dan sistem yang begitu banyak membuat seorang cyber security mempunyai keahlian di tools dan sistem masing-masing. Dengan ancaman cyber yang terus berkembang, dibutuhkan spesialis yang fokus pada satu tools dan sistem cyber security. Oleh karena itu dibutuhkan cyber security consulting companies yang kegunaanya adalah untuk merangkum semua tools dan sistem yang ada.

Perubahan dalam dunia digital

Seperti yang kita ketahui, dunia teknologi dan digital terus berkembang. Dengan kondisi seperti ini membuat keahlian cyber security harus diperbaharui dan ditingkatkan agar bisa terus mengikuti perkembangan ancaman dan strategi yang baru.

Bagaimana cara kerja Perusahan Konsultan Keamanan Jaringan

Cyber security consulting companies tentunya memiliki cara kerja atau strategi. Cara kerjanya mencakup beberapa bagian seperti:

Layanan cyber security menyeluruh

Cyber security consulting companies selalu menyediakan layanan mulai dari konsultasi, membuat strategi, membuat rancangan blue print dan monitoring tim untuk memantau semua trafik yang ada hal ini dilakukan untuk memperkecil celah dan pencegahan lebih dini ketika ancaman datang.

Layanan keamanan terkelola dan terintegrasi

Layanan keamanan yang baik selalu terintegrasi dari perangkat satu keperangkat lainnya untuk mengkorelasikan log dan perangkat yang terkelola dengan baik  seperti perangkat yang selalu update dan melakukan pemeliharaan setiap 3 bulan sekali, hal ini dibutuhkan agar perangkat selalu sehat dan mengetahui ancaman baru.

Penggunaan threat intelligence yang maksimal

Threat intelligence salah satu sistem yang sangat penting pada kinerja cyber security, karena dia dapat mencari informasi segala aktifitas yang dibutuhkan untuk dijadikan analisis dan hasilnya  digunakan untuk tujuan tertentu. Setiap ancaman keamanan bisa lebih mudah terdeteksi dan dapat dicegah lebih dini.

Berpengalaman dan spesialis ahli di domain teknologinya

Setiap perusahaan yang memakai jasa cyber security consulting companies tentunya ingin memiliki yang berpengalaman dan ahli pada bindangnya. Jadi, sebuah cyber security consulting companies harus mempunyai ahli pada per masing-masing domain teknologi, hal ini agar seorang cyber security lebih focus dan handal dalam menangani ancaman dan masalah yang akan selalu hadir.

Itulah seluk beluk dari cyber security consulting companies yang bisa memberikan keuntungan besar bagi sebuah perusahaan yang membutuhkan perlindungan dari serangan cyber.

Baca Juga: Memahami Cyber Threat Intelligence and Incident Response Dengan Mudah