Serangan Phishing Terus Meningkat Dengan Bertema Coronavirus

Serangan Phishing Terus Meningkat Dengan Bertema Coronavirus

Data baru oleh para peneliti telah menunjukkan bahwa penjahat dunia maya memangsa kekhawatiran orang-orang tentang pandemi COVID-19 dan melakukan serangan phishing, malware dan e-mail yang canggih. Peningkatan tiba-tiba dalam serangan terkait menyiratkan bahwa penyerang cepat beradaptasi dengan lingkungan krisis kesehatan global yang saat ini dan memanfaatkannya kebaikan mereka.

Para peneliti memperingatkan adanya jenis serangan di mana para korban menerima email jahat dengan janji menawarkan bantuan keuangan selama pandemi COVID-19, Pengguna dapat diperdaya dengan meyakini mereka akan menerima pembayaran dari institusi global, bisnis dan pemerintah yang bekerja dengan tujuan bersama yaitu memberikan bantuan ekonomi kepada masyarakat umum selama pandemi yang sedang berlangsung. Pengguna yang menerima email diminta untuk mengakses tautan berbahaya yang akan mengarahkan mereka ke halaman phishing untuk memverifikasi akun email mereka, mereka akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, alamat email, dan kata sandi yang dikaitkan dengan manfaat karyawan mereka. Dengan melakukan itu, pengguna akan memberikan data pribadinya ke halaman yang dikendalikan oleh penyerang.

Penelitian diatas harus segera disingkapi oleh pelaku usaha dengan merevisi SOP (Standard Operating Procedure) cara bekerja WFH (Work From Home) yang tepat kepada seluruh karyawan khususnya bagi karyawan yang diberikan tanggung jawab melaksanakan tugas apalagi yang harus menakses ke server perusahaan. Contoh tugas yang kritikal bagi karyawan bertanggung jawab pada divisi antara lain, pada divisi SDM (Sumber Daya Manusia) terkait data karyawan dan upah, divisi SCM (Supply Chain Management), divisi ERP (Enterprise Resource Planning), dan lainnya untuk memastikan perusahaan dapat memenuhi produksi.

Diatas adalah contoh dari pergeseran serangan Cyber yang sedang berlangsung saat ini yang melakukan  kampanye jahat dengan tema virus Covid-19 dengan membuat umpan yang canggih bagi pengguna umum agar dapat mengeluarkan data atau pembayaran. Ini adalah murni rekayasa social (Social Engineering) yang dilakukan oleh hackers untuk memperdaya pengguna yang tidak memahami dan melakukan SOP bekerja yang benar.

Bagaimana dengan SOP (Standard Operating Procedure) saat ini, di perusahaan Anda? Kami, EDGE-Cyber adalah perusahaan lokal yang menyediakan jasa MSSP (Manage Security Services Provider) yang dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan keamanan dari serangan cyber yang saat ini yang meningkat dan lebih kompleks untuk dapat dideteksi awal. Untuk keterangan lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu silahkan hubungi kami.