Mengenal SIEM, Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja

Mengenal SIEM, Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja

Dunia informasi dan teknologi digital saat ini memang mengalami peningkatan pesat. Demikian pula dengan ancaman penyalahgunaan data di internet dan di lokal. Maka dari itu, Anda memerlukan sebuah sistem monitoring yang mumpuni contohnya adalah SIEM.

Defenisi SIEM

SIEM Adalah Security Information and Event Management. Yakni sebuah sistem informasi yang terpusat dalam mengumpulkan informasi (log) kemanan secara real-time mulai dari workstation atau laptop, firewall, server, ips, switches, dan routers. Termasuk informasi sebuah kejadian atau event security yang dihasilkan dari aplikasi ataupun perangkat keamanan.

Fungsi dan Cara Kerja SIEM

Informasi yang dikumpulkan tersebut akan dimonitor dan dikorelasikan sehingga membuat suatu alert yang akan di Analisa lebih lanjut oleh tim analis dan juga dapat menampilkan log yang sudah terkumpul dalam bentuk dashboard ataupun laporan dalam bentuk soft copy.

Keberadaan SIEM saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sistem IT karena setiap perangkat pasti menghasilkan log semua kegiatannya, namun log-log yang dihasilkan dari perangkat-perangkat tersebut masih sulit untuk dimengerti, inilah fungsi SIEM, Anda hanya butuh mengirim semua log pada perangkat, maka SIEM akan memparsing semua log-log tersebut  sehingga mudah dimengerti lalu mengkorelasikan semua kejadian menjadi satu kesatuan untuk di identifikasi dari setiap kejadian yang tercatat di log dan menjadikannya sebuah alert.

6 Standar Jaringan Wireless yang Harus Anda Ketahui

Dari alert yang dikirim SIEM membantu sebuah tim monitoring memonitor kegiatan dari setiap perangkat yang ada didalam suatu jaringan. Jadi, jika ada traffic yang mencurigakan masuk kedalam jaringan otomatis SIEM akan mengirim alert untuk di Analisa apakah sebuah traffic tersebut legitimate atau hanya false positive. Dan ini sangat membantu untuk lebih detil log keluar masuk kedalam suatu jaringan dan menjadikan sistem keamanan yang lebih baik.

Ini Dia 4 Tipe Keamanan Jaringan Wireless yang Mesti Diketahui

Itulah ulasan mengenai SIEM, fungsi maupun cara kerjanya. Anda bisa mendapatkan SIEM tersebut pada layanan dan konsultan IT terpercaya di Indonesia seperti edge. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai sistem dan perangkat keamanan dalam sebuah jaringan komputer.