Strategi Manajemen Risiko Keamanan yang Efektif
Risk Management

Strategi Manajemen Risiko Keamanan yang Efektif

Manajemen risiko adalah mengidentifikasi, melakukan justifikasi, dan menentukan prioritas risiko yang ditindaklanjuti dengan meminimalkan, memantau, dan mengendalikan dampak risiko atau meningkatkan kewaspadaan peluang risiko yang akan terjadi dengan menerapkan sumber daya yang terkoordinasi dan ekonomis. Strategi manajemen risiko sangatlah penting dalam bisnis apa pun. Ini memprediksi ROI dan proyek yang sudah atau yang akan berjalan, semua potensi reaksi perusahaan dalam menghadapi serangan yang akan terjadi agar dampak yang didapat bisa diminimalisir atau bahkan tidak berdampak sama sekali. Untuk menentukan strategi manajemen risiko yang efektif berikut langkah yang harus anda butuhkan :

  1. Mengidentifikasi risiko

Risiko mencakup segala peristiwa yang menyebabkan masalah atau memberikan manfaat. Identifikasi risiko dimulai dengan sumber masalah dan dampak untuk internal. Sehingga anda dapat menentukan perangkat lunak atau perangkat apa yang harus digunakan untuk mengidentifikasi risiko tersebut .

  1. Menganalis risiko

Setelah melakukan identifikasi risiko, Anda dapat menganalis risiko secara menyeluruh potensi dampak yang mungkin akan timbul.

  1. Mengevaluasi Risiko

Anda dapat menetapkan peringkat untuk masing-masing risiko yang akan berpotensi mengancam keseluruhan sistem Anda. Ini akan membantu memprediksi seberapa parah dampak yang akan terjadi pada keseluruhan sistem Anda.

  1. Menerima Risiko

Menerima risiko yang teridentifikasi dan tidak menerapkan antisipasi. Alasannya biasanya karena biaya risiko, dengan antisipasi yang akan dibuat jauh lebih besar daripada kerusakan yang akan diterima dan sebaiknya mengisolasi server tersebut dari jaringan.

  1. Memonitor Risiko

Setelah Anda sudah mengetahui risiko apa yang kemungkinan akan terjadi dan bagaimana cara meminimalkan dampak yang terjadi. Pantau risiko dengan sistem pelacakan dengan mengidentifikasi perubahan yang berbahaya atau serangan berbahaya untuk menghindari efek yang meluas dan memicu risiko yang lebih besar.

Dengan banyaknya perangkat dan program yang ada di perusahaan Anda yang memakan banyak waktu untuk memeliharanya agar tetap berjalan baik, mungkin hanya sedikit waktu Anda untuk membuat strategi yang baik. Kami EDGE siap membantu Anda dan mengurangi beban Anda untuk membuat strategi yang baik seperti yang anda inginkan. Jangan lupa untuk kontak kami.