Suhu Ideal Ruang Server Direkomendasikan Begini

Suhu Ideal Ruang Server Direkomendasikan Begini

Server maupun data center memegang peranan penting bagi sebuah perusahaan, terutama yang berhubungan langsung dengan jaringan internet. Di dalam server tersebut terdapat data-data penting yang harus dijaga seperti suhu ideal ruang server. Selain itu, server juga berpengaruh pada sebuah koneksi internet.

Menjaga server dalam kondisi yang stabil dan prima adalah hal yang mutlak diperlukan. Salah satunya adalah dengan menjaga suhu ideal ruangan server. Lalu, berapakah suhu yang direkomendasikan tersebut? Berikut ulasannya.

Ketahui Keamanan Jaringan Lebih Lengkap dan Update Terkini

Pastikan dalam Suhu Ruang yang Cukup

Server dalam sebuah jaringan didesain khusus dengan mempertimbangkan suhu tertentu. Apabila suhu ini terlalu dingin atau terlalu baik, tentu berpengaruh besar terhadap kinerjanya. Maka dari itulah diperlukan sebuah suhu ruang yang ideal bagi server agar bekerja sesuai dengan fungsinya. Bila ruangan tidak dirancang dengan baik, kemungkinan besar server pun menjadi terganggu.

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa sebenarnya suhu ideal ruang server ini. Untuk suhu ruangan, usahakan dalam suhu stabil antara 18 – 27 derajat Celcius atau sekitar 64 – 80 derajat Fahrenheit. Sementara untuk kelembapan relatifnya antara 40% dan 60%. Oleh karenanya, Anda bisa memasang pendingin ruangan secukupnya sesuai dengan kebutuhan dan letakkan di tempat yang aman dan nyaman bagi server.

Temperatur Rak Server

Selain suhu ideal ruang server, Anda harus memperhatikan pula temperatur pada rak server. Biasanya, server terdiri dari beberapa bagian atau peranti penting di dalamnya. Peranti ini ditempatkan dalam sebuah rak khusus yang terbuat dari besi atau alumunium serta bahan-bahan lainnya yang tidak mudah terbakar dan kuat. Idealnya, temperatur atau suhu untuk saluran masuk di rak server berkisar antara 76 – 90 derajat Fahrenheit pada bagian atas. Sedangkan pada bagian bawahnya, suhu rata-ratanya adalah 64 derajat Fahrenheit.

Selain itu, tingkat panasnya tidak boleh melebihi 20 derajat Celcius atau 45 derajat Fahrenheit suhu udara yang masuk dalam rak. Kemudian, pastikan pemasangan rak tidaklah saling berdempetan antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, berilah sekat jarak antar rak agar udara dapat leluasa bergerak dan tidak membuat server cepat panas atau mengalami overheat.

Cara Melacak IP Address Dengan Mudah

Cegah Kebocoran Air Pada Ruangan dan Rak

Kebocoran air pada ruangan juga berpengaruh pada suhu ideal ruang server dan berpotensi untuk merusak rak server dan komponen penting yang ada dalam sebuah server. Meski kebocoran air ini terkadang dianggap sebagai hal yang sepele, namun dalam kenyataannya tidaklah demikian.

Misalnya saja ketika terjadi kebocoran air dalam sebuah ruang server, atau dampak buruknya bisa berakibat pada banjir cukup berbahaya. Ketika air atau rembesan dari bocornya perangkat elektronik di ruang server, seperti air dari AC bisa menyebabkan korsleting listrik jika mengalami kebocoran. Akibatnya, ini akan mengganggu kinerja server.

Lalu, dampak lainnya adalah ketika terjadi korsleting listrik terkadang disertai dengan percikan api. Percikan inilah yang membuat ruangan menjadi terbakar dan panas yang menyebabkan server menjadi rusak.

Mengecek Kondisi Fisik Ruangan dan Rak

Selain hal-hal di atas, dalam menjaga suhu ideal ruang server adalah dengan mengecek kondisi fisik ruang server maupun rak server tersebut. Dalam pengecekan kondisi fisik ruangan dan server tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bila Anda menggunakan beberapa perangkat pintar dalam ruangan, periksalah bagian sensor yang ada.

Misalnya pada bagian kamera pengintai yang dipasang, bisa saja secara fisik kamera tersebut dari tampilannya nampak baik-baik saja. Namun, pada bagian dalam sensor terkadang mengalami kerusakan. Inilah yang perlu diantisipasi dengan baik. Begitu juga dengan hal lainnya seperti kondisi dinding ruangan. Usahakan dinding dalam ruangan server mampu untuk menjaga suhu tetap stabil.

Perlunya Network Consultan Dalam Membangun Keamanan Jaringan Perusahaan.

Terlebih lagi menjaga kelembapan udara atau menjaga dari suhu panas yang ada. Sebab bila dinding tidak mampu menahan kelembaban atau suhu udara yang panas, bisa berpengaruh pada ideal ruang server. Bahkan dampak lebih buruknya adalah dapat merusak server itu sendiri jika tidak ditangani dengan baik.