Tips Keamanan Bekerja Dirumah Semasa Pendemi Coronavirus Bagi Perusahaan

Tips Keamanan Bekerja Dirumah Semasa Pendemi Coronavirus Bagi Perusahaan

Kesadaran Perusahaan & Karyawan (user awareness)

Kesiapan Perusahaan Untuk Menghindari Serangan Cyber

Saat ini adalah waktu tepat bagi penyerang cyber menargetkan bisnis karena lebih banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Pengusaha harus memiliki cara memverifikasi rekan kerja mereka dan ingat akan selalu membatasi operasi penting seperti; pembayaran dan pengoperasian aplikasi penting di server perusahaan.

Dengan situasi Coronavirus, memaksa perusahaan memungkinkan karyawan mereka dapat bekerja dari rumah dalam memenuhi target mereka, ini adalah waktu yang tepat bagi penyerang cyber menargetkan bisnis perusahaan. Karena lebih banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Apalagi bila karyawan tidak disediakan komputer pribadi tanpa konfigurasi penggunaan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Serangan dapat berupa perangkat lunak berbahaya (malicious software) di komputer pribadi karyawan atau melalui phishing email untuk mencegat (misdirect) komunikasi yang sensitif.

Ada berbagai cara di mana karyawan yang bekerja dari rumah dapat selamat dari serangan dunia maya. Dengan mengubah kata sandi Wi-Fi default mereka yang mudah diprediksi. Ketika penyerang memiliki akses ke jaringan pribadi Anda, mereka dapat mencuri informasi pribadi Anda atau melalui serangan yang disebut Man-in-the-Middle (MitM) di jaringan. Karena itu, Anda harus memilih kata sandi yang mudah diingat tetapi sulit ditebak oleh penyerang.

Hindari penggunaan ulang kata sandi, Anda dapat gunakan pengelola kata sandi yang akan menghasilkan dan memelihara semua kata sandi yang Anda butuhkan. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah mengingat satu kata sandi utama untuk mengakses dompet kata sandi yang telah dibuat.

Kemudian bila disediakan oleh aplikasi yang Anda gunakan suatu fitur 2FA di akun Anda. Gunakanlah 2FA (Two-factor Authentication) yaitu adalah otentikasi dua faktor. Ini adalah tindakan pengamanan yang memastikan otentikasi ke akun pribadi Anda seperti email dan perbankan online tidak hanya mengandalkan kata sandi, tetapi lapisan otentikasi lain yang mencoba membuktikan pemiliknya mengakses akun.

Waspadailah serangan phishing. Serangan phishing melibatkan penyerang yang mencoba menipu korban untuk melakukan hal-hal yang akan membantu dalam mencapai serangan siber. Serangan biasanya dalam bentuk email, SMS atau panggilan telepon yang tampaknya berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik. Agar aman dari serangan ini, jangan men-klik tautan yang ditampilkan sebelum mendapatkan konfirmasi dari sumbernya.

Dengan kondisi situasi saat ini semustinya sudah diterapkan? Apakah cukup dapat terhindar dari serangan yang tidak di inginkan?

Selama masa WFH karena Covid-19 ini, pengusaha harus menetapkan (SOP) Prosedur Operasi Standar dengan kedisplinan yang tinggi bagi karyawan yang diberikan tanggung jawab tertentu yang diberikan akses terbatas pada sistem perusahaan.  Kami, EDGE-Cyber (www.edge-cyber.com) adalah perusahaan lokal yang menyediakan jasa MSSP (Manage Security Services Provider) yang dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan keamanan dari serangan cyber yang saat ini meningkat dan lebih kompleks untuk dapat dideteksi awal. Untuk keterangan lebih lanjut bagaimana kami dapat membantu silahkan hubungi kami info@edge-cyber.com.