WANITA DAN SIBER

WANITA DAN SIBER

Setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati hari Kartini atau yang disebut juga sebagai hari emansipasi wanita. Ditetapkan pada tahun 1964 oleh Soekarno, sosok Kartini yang bernama asli Raden Adjeng Kartini ini memiliki pemikiran-pemikiran yang revolusioner sehingga memberikan perubahan bagi wanita Indonesia yaitu persamaan hak yang sama dalam menuntut ilmu dan belajar.

Saat ini banyak wanita yang sudah memiliki pendidikan yang layak, serta tidak ketinggalan dalam mengikuti perkembangan jaman.

Kemajuan teknologi informasi mendorong banyak kaum wanita menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat. Internet menjadi ajang bagi kaum wanita untuk berekspresi, bersosialisasi dan untuk menghasilkan pendapatan keluarga.

Kaum wanita paham akan manfaat dari internet, tetapi juga harus mempertimbangkan dampak negatif dan juga bahaya dari internet tersebut. Harus diakui bahwa tingkat kewaspadaan wanita terhadap masalah keamanan siber sangatlah rendah, sehingga wanita sangat rentan terhadap kejahatan siber.

Di hari Kartini ini tim EDGE ingin memberikan tips perlindungan siber bagi wanita Indonesia dalam menggunakan internet sehari-sehari:

  1. Hati-hati saat berbelanja online dan selalu berbelanja di situs e-commerce yang terpercaya.
  2. Jangan membagikan lokasi/tempat hangout jika anda sendiri dan berada jauh dari rumah.
  3. Informasikan perjalanan ke teman terdekat, keluarga atau nomor kontak darurat saat bepergian sendirian dengan kendaraan umum.

Dunia siber itu tanpa batas, jangan sampai wanita Indonesia terjebak di dalamnya dan tenggelam dikelamnya dunia siber. 3 hal tersebut di atas adalah langkah sederhana bagi para wanita untuk memproteksi diri sendiri dari kejahatan siber.